Edukasi Investasi Saham tentang Pasar Modal Indonesia

Edukasi Investasi Saham Bersama Komunitas Bengkel Saham Batam
“Keberhasilan Bukan seberapa keras anda bisa memukul, Tetapi seberapa anda TERPUKUL tetapi masih bisa tetap maju”. Kata Bijak sederhana dari *Ricky Bilbao* Didalam perjalanan hidup kita akan mengenal KEGAGALAN menuju KEBERHASILAN.
Tahukah anda Investasi saham dipasar modal sangat menyenangkan dan menguntungkan untuk pertumbuhan uang dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Mungkin sebagian dari kita mengenal investasi saham dipasar modal memerlukan dana yang sangat besar untuk dapat berinvestasi didalamnya. Sehingga kita cenderung untuk mengatakan tidak, pada investasi saham di pasar modal.
Perlu anda ketahui, Pasar modal yaitu tempat pedagang untuk jual dan beli dari saham saham beberapa perusahaan terbuka (Tbk) yang ada di Indonesia ini. Disini anda dapat menikmati keuntungan perusahaan. Jika Perusahaan dapat untung besar pada periode waktu tertentu maka nilai saham, akan naik. Dan juga sebaliknya. Investasi saham adalah HRHR = high risk high return atau tinggi resiko tapi tinggi juga pendapatan. Yang berarti adalah kita WAJIB mempelajari baik baik dulu tentang instrument investasi, jangan sampai investasi sesuatu yang tidak kita ketahui (seperti membeli kucing dalam karung).
Ada yang bilang, dalam investasi pasar modal, kita akan dapat meraih keuntungan walaupun sambil tidur, dikarenakan nilai pertumbuhan dari perusahaan tersebut merangkak naik sedikit demi sedikit. Baik dari capital gain atau selisih harga jual atau beli suatu saham, atau dari deviden yaitu bonus dari laba bersih perusahaan yang biasanya dibagikan setiap tahun, walaupun tidak semua perusahaan yang bisa membagi deviden, dilihat dari perolehan laba bersih perusahaan tersebut.
Bagaimana strategi terbaik untuk bisa bertahan dalam investasi pasar modal yang kabarnya sering dibilang mengeruk keuntungan dengan bertaruh atau gambling dan banyak kita mendengar investasi saham adalah judi. Jika anda investasi disaham tanpa analisa yang jelas dan hanya mengandalakan feeling / insting berarti andalah yang melakukan perjudian dipasar modal bukan berarti pasar modal adalah judi. Setidaknya dalam memulai berinvestasi disaham kita sedikit banyaknya harus mengenal minimal dasar tentang analisa fundamental dan analisa teknikal sebagai bahan dalam pengambilan keputusan.
Beruntunglah anda yang masih muda saat ini dan telah merancang strategi untuk masa yg akan datang untuk kehidupan anda. Strategi untuk mempunyai landasan yang tepat dalam beli atau jual adalah analisa. Analisa fundamental atau laporan tentang perusahaan baik company profile, direksi, laporan keuangan, dll. Analisa tehnikal yaitu analisa historical pergerakan harga saham yang disajikan dalam bentuk chart atau grafik. Dan ada satu analisa lagi yang sering ramai dibicarakan orang, yaitu analisa bandarmologi, dimana landasan kita untuk beli atau jual dilihat dari pergerakan beli atau jual dari salah satu sekuritas atau bandar, ujar salah satu anggota Bengkel Saham Pak Reviron AL-beqri.
Ada dua jenis tipe dalam investasi saham pasar modal, yaitu investor (investasi jangka panjang) dan trader (investasi jangka pendek). Perbedaan antara investor dan trader adalah jangka waktu yang diperlukan guna meraih profit. Biasa nya investor membeli saham suatu perusahaan tertentu dan di hold dalam jangka waktu lama, misal 6 bulan sampai 1 tahun bahkan lebih, keuntungan yang didapatkan dari deviden. Sedangkan trader membeli saham suatu perusahaan tertentu dalam jangka waktu pendek (misal satu hari) atau mingguan bahkan bulanan, keuntungan yang didapatkan dari selisih harga beli atau jual, seperti layaknya pedagang yang membeli semurah mungkin dan menjual semahal mungkin (prinsip ekonomi).
Komunitas Bengkel Saham dibentuk untuk dapat merangkul pemuda agar dapat investasi dari dini, dengan beberapa program kerja komunitas yang diharapkan dapat menambah pengetahuan pemuda dalam investasi yang benar atau investasi yang tidak bodong, dimana keuntungan tidak dapat diraih dalam sekejap, melainkan dengan banyak belajar melalui pelatihan dan gathering atau berkumpul, berdiskusi. Beberapa program kerja komunitas, yaitu :
Program Kerja Bengkel Saham tahun 2015
  1. Pelatihan edukasi saham dengan dasar dan simulasi setiap bulan
  2. Kompetisi simulasi online trading saham
  3. Gathering berkala untuk sharing cerita dan pemantapan analisa fundamental dan analisa tehnikal
  4. Pelatihan dengan pembicara analis fundamental dan analis teknikal dari luarkota
  5. Mempelajari manajemen resiko untuk mengubah MINDSET menjadi High Risk, High Gain, menjadi High Gain with Low Risk
  6. Memfasilitasi teman–teman pemuda Batam yang berminat berkarir di Pasar Modal Indonesia, dengan menyediakan segala informasi pekerjaan di Pasar Modal dan informasi, bahan–bahan yang diperlukan untuk mengikuti dan lulus ujian kecapakan profesi pasar modal (khususnya ujian WPPE).
Visi Bengkel Saham :
“SAHAM sebagai pilihan INVESTASI anak muda NASIONAL dan ajang kegiatan SOSIAL”
Group Facebook : Bengkel Saham
(BS/Reviron AL-beqri)
trailer : 




















0 Komentar