KISS Tanggal 13 Desember 2015 Tema Ihsan Kepada Orang Tua

KISS Tanggal 13 Desember 2015 

Tema Ihsan Kepada Orang Tua


Tema : Ihsan Kepada Orang Tua oleh Ustad Ridlun Artol


Kata "Ihsan" dalam Al Qur'an terulang sebanyak 6 kali, dan semua konteks ayat tersebut berbicara tentang perintah berbuat Ihsan kepada Orang Tua.

Ihsan secara etimologi bermakna baik, tapi ternyata Ihsan tidak hanya berarti baik. Bahkan "Ihsan" bermakna jauh lebih tinggi daripada kata "Adil".


Adil bermakna : mengambil hak kita sesuai dengan yang seharusnya kita ambil dan memberikan hak orang lain sesuai dengan yang seharusnya diberikan.

Tapi jika Ihsan bermakna : mengambil hak kita lebih sedikit dari yang seharusnya kita ambil dan memberikan hak orang lain lebih banyak dari yang seharusnya diberikan.


Adil juga bermakna : berbuat baik kepada orang lain sama dengan ketika berbuat baik kepada diri sendiri.

Tapi jika Ihsan bermakna : berbuat baik kepada diri sendri dan brbuat jauh lebih baik kepada orang lain.



Dari penjelasan Ustad Ridlun Artol itulah kita bisa mengambil kesimpulan betapa kita harus Ihsan kepada orang tua.

Visi dan Misi Masjid Jabal Arafah

Pada umumnya fungsi Masjid hanyalah merupakan tempat ibadah khususnya untuk shalat rawatib dan shalat Jum`at, Masjid Jabal Arafah memiliki : 

  • Visi menjadikan Masjid Jabal Arafah sebagai Masjid Paripurna 


Dengan empat (4) misi utama yang diembannya :

  1. pertama Masjid Jabal Arafah berfungsi sebagai pusat Ibadah sebagaimana fungsi masjid pada umumnya, 
  2. kedua Masjid Jabal Arafah sebagai pusat dakwah, 
  3. ketiga Masjid Jabal Arafah sebagai pusat pembinaan dan pemberdayaan ummat dan 
  4. keempat Masjid Jabal Arafah sebagai tujuan wisata religi.


Aktivitas di lingkungan Masjid Jabal Arafah

Kajian Agama

Kajian Agama yang meliputi materi Hadits, Fiqh, Tafsir dan Tahsinul Qur`an  yang disampaikan oleh nara sumber yang qualified, pengajian (Kultum ba`da shalat dzuhur) yang diadakan pada setiap hari kecuali hari jum`at, pengajian ibu-ibu majelis ta`lim dua kali dalam satu bulan, pelatihan pra nikah yang diadakan oleh Pemuda dan Remaja Masjid Jabal Arafah secara periodik.

Madrasah Ahadiyah Jabal Arafah

Dengan maksud mempersiapkan generasi penerus yang berakhlak mulia yaitu generasi yang memiliki keseimbangan ilmu, keterampilan dan attitude yang berbasis moral islami di lingkungan Masjid Jabal Arafah telah didirikan Madrasah Ahadiyah yang mengadopsi sistem belajar dan mengajar dari salah satu Masjid di Singapura.

Madrasah Ahadiyah Jabal Arafah dikelola oleh Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) yayasan Arafah Batam bidang pendidikan memiliki ke khasan karna jam belajar dan mengajar hanya dilaksanakan pada hari Ahad/Minggu. Anak anak didik Madrasah Ahadiyah Jabal Arafah menempati ruangan ber AC dengan mempergunakan peralatan ber basis teknologi informasi. 

Lembaga Amil Zakat  (LAZ Masjid Jabal Arafah)

Untuk memudahkan bagi jamaah Masjid Jabal Arafah dan masyarakat muslim kota Batam yang akan melaksanakan salah satu rukun Islam yaitu Zakat, berdasarkan keputusan pengurus Yayasan Arafah Batam telah dibentuk Lembaga Amil Zakat (LAZ) Masjid Jabal Arafah. Ada beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan oleh LAZ Masjid Jabal Arafah antara lain menyalurkan hasil pengumpulan zakat fitrah kepada fakir miskin pada setiap bulan Ramadhan, bantuan biaya berobat/melahirkan bagi kaum dhuafa, bantuan dana bergulir bagi pelaku usaha mikro, bantuan pendidikan bagi pelajar/mahasiswa tidak mampu dan bantuan kepada yang tertimpa musibah serta bantuan lainnya yang bersifat emergency.

baca : 
  1. Masjid Jabal Arafah Lubuk Baja Batam Kepri
  2. Lembaga Amil Zakat Masjid Jabal Arafah Lubuk Baja Batam
  3. KISS Edisi Oktober 2013 : Konsep Jodoh Dalam Islam
  4. KISS 05 April 2015 (Al-An’am, Ayat 74-79)
  5. Kajian Islam Remaja Masjid Jabal Arafah Tanggal 22-11-2015
  6. Kajian Islam Seminggu Sekali Remaja Masjid Jabal Arafah 29 November 2015

0 Komentar