Jelajah Wisata Menginap di Hotel Majapahit Surabaya

Jelajah Wisata 

Menginap di Hotel Majapahit Surabaya

sumber : travel.detik.com

Ada yang pernah mengunjungi Surabaya?

Kota yang sarat akan makna sejarahnya, karena menjadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia ketika melawan penjajah.


Nah, di Surabaya selain kotanya yang sarat akan sejarah, beberapa bangunan didalamnya pun tidak luput dari sejarah Indonesia. Seperti hanya penginapan di Surabaya satu ini, yaitu Hotel Majapahit.

Jarak hotel Majapahit dari Bandara Djuanda sekitar 14 km. 

Ketika anda masuk kedalam hotel Majapahit, baru sampai di loby nya pun sudah berasa sekali nuansa sejarahnya, arsitektur kolonialnya pun masih sangat kuat. 

sumber foto : vospop

Oh ya, hotel ini sudah beberapa kali berganti nama ternyata, dulu awal berdirinya di tahun 1910 hotel ini diberi nama Oranje Hotel.  Kemudian di tahun 1945 berubah menjadi hotel merdeka karena hotel ini menjadi saksi bisu perjuangan arek-arek Suroboyo merobek bendera merah putih biru milik Belanda menjadi bendera merah putih kebanggaan Indonesia.

Pada tahun 1969 barulah hotel ini berubah nama menjadi Hotel Majapahit sampai dengan sekarang. Gue masih ingat saat di lobby hotel melihat lukisan-lukisan kuno, prasasti peristiwa bersejarah penting yang terpampang di dinding.

Satu lagi yang bikin penasaran sama hotel ini adalah kamar nomor 33. Katanya kamar tersebut dulu dijadikan markas sekutu. 

Disekitar hotel majapahit, terdapat beberapa museum yang bisa anda kunjungi salah satunya adalah museum Surabaya. Di museum ini, anda bisa melihat beberapa barang peninggalan zaman dahulu seperti lukisan, meja sampai pencabut gigi juga ada!

Tempat lain yang dekat dengan hotel Majapahit yang bisa anda kunjungi adalah Gedung Grahadi.

Gedung Grahadi merupakan gedung pusat pemerintahan Gubernur Jawa Timur. Yang unik dari gedung ini adalah arsitekturnya yang bergaya kolonial Belanda dan masih sangat terjaga kelestariannya. Taman yang berada di depannya juga masih terlihat asri. Tempat ini juga digunakan untuk upacara-upacara kenegaraan dan pelantikan Gubernur Jawa Timur.

Oh, iya jangan lewatkan juga untuk mengunjungi salah satu landmark yang ada di Surabaya. Yaitu sebuah tugu Pahlawan. Kareana gak lengkap rasanya kalau anda datang kesini tapi tidak berfoto di tugunya.

Sumber foto : Wikipedia

0 Komentar