Mengenal Pompa Aquarium Dan Cara Kerjanya

Mengenal Pompa Aquarium Dan Cara Kerjanya

Mengenal Pompa Aquarium Dan Cara Kerjanya


Dulu para pecinta ikan hias saat memelihara ikan di aquarium memang tidak menggunakan alat pendukung sama sekali. Sehingga mengakibatkan ikan-ikan di dalam aquarium tidak bisa bertahan hidup lebih lama atau cepat mati. Apalagi pada saat itu ikan yang dipelihara hanya sebatas ikan laut yang memiliki bentuk dan warna yang indah.

Dan kini industry ikan hias sudah menemukan banyak jenis ikan air tawar yang juga indah, dengan begitu industry ikan hias pun semakin popular dan sudah menyebar ke seluruh wilayah di dunia. Karena ikan di dalam aquarium tidak bisa bertahan lama, mulailah diadakan adanya alat pendukung dalam membuat ikan-ikan agar bisa bertahan hidup lebih lama, yakni Pompa Aquarium. Jika kalian pecinta ikan hias pasti kalian tidak akan asing dengan alat satu ini.

Mengenal Pompa Aquarium Dan Cara Kerjanya
Jenis Filter Akuarium Ikan, sumber gambar : akuariumhias.blogspot.com

Seperti yang diketahui bahwa ikan yang dimasukkan dalam aquarium juga harus memiliki kualitas air yang baik. Sedangkan air yang jernih juga belum tentu termasuk air yang baik untuk ketahanan hidup ikan hias. Dan air yang baik adalah yang memiliki beberapa unsur yang sesuai  dengan kebutuhan ikan. Misalnya saja kelarutan oksigen, kandungan gas nitrat, dan beberapa zat lainnya yang bisa ditolerir oleh ikan. Dengan adanya Pompa air aquarium paling tidak bisa membuat air dalam aquarium menjadi baik, bersih dan terhindar dari bakteri yang berbahaya untuk ikan. 

Pompa aquarium adalah elemen penting dalam kelangsungan hidup ikan dalam aquarium. Pompa Aquarium adalah sebuah alat untuk menyaring air dalam aquarium agar tetap terjaga kebersihannya. Sehingga ikan-ikan lebih tahan lama hidup dalam aquarium tanpa takut terkena bakteri yang dihasilkan karena air kotor. Air aquarium yang kotor juga bisa dikarenakan oleh makanan ikan yang dimasukkan dalam aquarium sehingga terlarut dan menjadikan air keruh. 

Mengenal Pompa Aquarium Dan Cara Kerjanya
Jenis Filter Akuarium Ikan, sumber gambar : akuariumhias.blogspot.com

Pompa aquarium juga memiliki cara kerja dalam beberapa mekanisme. Dan diantara mekanismenya adalah sebagai berikut

1. Mekanisme awal 
Cara kerjanya adalah dengan dibagian fungsi dynamo pada mesin pompa aquarium. Dynamo tersebut akan bergerak  dengan adanya fasilitas daya listrik pada pompa. Fungsinya untuk menarik air agar masuk pada mesin filter, dan air hanya akan berputar-putar di sana.

2. Mekanisme Pertengahan
Setelah dynamo bekerja, maka akan terjadi stabilitas peputaran air secara berkala.  Maka pada saat itu, proses penyaringan air kotor pun terjadi. Proses penyaringan ini memang sangat penting agar air di dalam aquarium tetap bersih.

3. Mekanisme Akhir
Nah yang terakhir ini setelah air disaring, maka hasil airnya akan kembali masuk ke dalam aquarium. Jadi air dalam aquarium tersebut tetap dalam kondisi bersih dan bebas dari bakteri yang sangat membahayakan ikan.

Mengenal Pompa Aquarium Dan Cara Kerjanya
Macam Macam Filter Akuarium, sumber gambar : akuariumhias.blogspot.com

Saat ini sudah banyak sekali penjual pompa aquarium, karena semakin banyaknya orang yang suka sekali memlihara ikan di aquarium. Sebab sekarang sudah tidak seperti dulu, bahwa aquarium hanya bisa dimiliki oleh golongan bangsawan saja. Dan sudah banyak pula jenis dan bentuk pompa aquarium yang menarik dan semakin simple dengan berbagai merk.

Kalian bisa memilih jenis pompa yang sesuai dengan budget kalian di MatahariMall. Karena sekarang sudah banyak pompa yang dijual  murah. Bahkan dengan desain unik dan menarik. Kini kalian pecinta ikan hias tak perlu khawatir lagi dengan kebersihan dan kesehatan  air aquarium. Semoga ulasan berikut ini bisa bermanfaat untuk kalian.

3 Komentar

  1. waktu kecil ayah saya senang ikan hias juga mas. Utak-atik sendiri. tapi setiap ikannya ada yang mati,saya dan adik nangis2 lama2 ayah saya jadi males punya akuarium lagi huahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak ... saya juga punya kenangan masa kecil tentang akuarium

      hiks hiks

      Hapus
  2. Mas untuk arwana yang baik kita gunakan filter atau pompa mohon solusinya. .. 👍

    BalasHapus