Antara cinta, persahabatan dan komunitas

Antara cinta, persahabatan dan komunitas


Judul yang sangat complicated (ribet bin ruweh), seperti judul lagu "avril lavigne - complicated". Sebelum memulai tulisan ini, mungkin lebih baik saya jabarkan dulu definisi dari setiap kata - kata diatas, seperti apakah itu cinta, apakah itu persahabatan, apakah itu komunitas.

Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Cinta

Persahabatan atau pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial. Artikel ini memusatkan perhatian pada pemahaman yang khas dalam hubungan antar pribadi. Dalam pengertian ini, istilah "persahabatan" menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan dan afeksi. Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetiaan satu sama lain, seringkali hingga pada altruisme. selera mereka biasanya serupa dan mungkin saling bertemu, dan mereka menikmati kegiatan-kegiatan yang mereka sukai. Mereka juga akan terlibat dalamperilaku yang saling menolong, seperti tukar-menukar nasihat dan saling menolong dalam kesulitan. Sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif. Namun bagi banyak orang, persahabatan seringkali tidak lebih daripada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti mereka.

Nilai yang terdapat dalam persahabatan seringkali apa yang dihasilkan ketika seorang sahabat memperlihatkan secara konsisten:
  1. Kecenderungan untuk menginginkan apa yang terbaik bagi satu sama lain.
  2. Simpati dan empati.
  3. Kejujuran, barangkali dalam keadaan-keadaan yang sulit bagi orang lain untuk mengucapkan kebenaran.
  4. Saling pengertian.

Seringkali ada anggapan bahwa sahabat sejati sanggup mengungkapkan perasaan-perasaan yang terdalam, yang mungkin tidak dapat diungkapkan, kecuali dalam keadaan-keadaan yang sangat sulit, ketika mereka datang untuk menolong. Dibandingkan dengan hubungan pribadi, persahabatan dianggap lebih dekat daripada sekadar kenalan, meskipun dalam persahabatan atau hubungan antar kenalan terdapat tingkat keintiman yang berbeda-beda. Bagi banyak orang, persahabatan dan hubungan antar kenalan terdapat dalam kontinum yang sama. 

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Persahabatan

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti "kesamaan", kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti "sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak". (Wenger, 2002: 4). Menurut Crow dan Allan, Komunitas dapat terbagi menjadi 3 komponen: 1. Berdasarkan Lokasi atau Tempat Wilayah atau tempat sebuah komunitas dapat dilihat sebagai tempat dimana sekumpulan orang mempunyai sesuatu yang sama secara geografis. 2. Berdasarkan Minat

"Sekelompok orang yang mendirikan suatu komunitas karena mempunyai ketertarikan dan minat yang sama, misalnya agama, pekerjaan, suku, ras, maupun berdasarkan kelainan seksual."

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Komunitas

Nah, setelah tahu makna - makna dari judul tulisan kali ini. Eh, sebelum mulai nih. Mau tanya dulu, kira - kira para pembaca, mau pilih yang mana nih? Antara cinta, persahabatan atau komunitas? Pasti belum bisa jawab, ya iya lah, yang menulis siapa, yang lagi seru - seru menulis siapa. Pasti tidak sabar baca kelanjutannya kan, hehehe. Yuk, mari, menuju ke paragraf selanjutnya. Eng ing eng.

Ketika anda harus memilih diantara tiga hal tersebut, yang diulang sekali lagi, cinta, persahabatan, komunitas, pasti anda tidak akan bisa dengan mudah menjawab. Kenapa gitu? Karena ketiga hal itu dapat melengkapi satu sama lain, dan pastinya akan terhubung. Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Persahabatan atau pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial. Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama.

Dan sudah pasti, tidak akan bisa memilih salah satunya, kalau menurut saya sih, hehehe. Jangan diikutin juga kalau pendapat saya, belum tentu benar lho. Pendapat saya yang bisa menguatkan karena jika salah satu dipilih, mau tidak mau akan mengorbankan yang lain. Contoh, saya memilih cinta, pasti persahabatan dan komunitas terbengkalai. Kalau saya memilih persahabatan, kayaknya sih cinta dan komunitas akan disisihkan. Terus kalau memilih komunitas, pasti cinta dan persahabatan akan muncul, tapi pasti akan ada hal yang akan dikorbankan.

Jadi, harus bagaimana dong, salah satu komentar pembaca yang namanya sangat - sangat dirahasiakan. Ya tentu saja saya menjawab. Pilih salah satu, dan benar - benar fokus dan berkomitmenlah, setidaknya kita sudah berusaha untuk tidak menyisihkan, meninggalkan atau mengorbankan perasaan. Seperti lantunan dari ayat berikut Ar-Ra'd ayat 11, “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka”

Bijaksanalah dalam pilihan anda, karena hidup toh milik anda, bukan milik orang lain. Wah ini kata - kata kritik dari salah seorang pembaca yang tentu saja, nama dan alamat pasti dirahasiakan. Dan sekali lagi saya bertanya nih, yang mana anda pilih? Jawaban ada didalam hati sanubari pembaca tercinta. oyee ayeee.

0 Komentar