Moto GP Valentino Rossi Dihukum karena Menendang Marc Marquez


Pemimpin kejuaraan MotoGP Valentino Rossi akan memulai balapan terakhir musim ini dari belakang grid setelah menendang Marc Marquez dari sepeda selama Grand Prix Malaysia. Rossi finish ketiga tetapi diberi tiga poin penalti menyusul penyelidikan. Dia kemudian dituduh Marquez dari "membuat saya kehilangan kejuaraan".

Honda Dani Pedrosa memenangi balapan, dengan Jorge Lorenzo kedua. Balapan terakhir berlangsung di Spanyol pada 8 November. Rossi kini memimpin Lorenzo dengan hanya tujuh poin di kejuaraan Italia, yang timnya Yamaha telah mengatakan mereka akan mengajukan banding terhadap sanksi tersebut, kata Spanyol Marquez "naik hanya untuk menyebabkan saya masalah".

Insiden itu terjadi pada lap 13 dari 20 setelah Rossi telah menunjuk Marquez menyusul langkah menyalip. "Sayangnya, saya kehilangan banyak waktu dengan Marc," jelas Italia. "Dan pada gilirannya 14, saya mencoba untuk pergi sedikit lebar untuk mengambil garis yang lebih baik dan membuat dia lambat. "Dia datang kepada saya dan saya pikir ia jatuh pada saat itu. Stang Nya menyentuh kaki saya dan kaki saya melepas, sepeda motor tidak dapat crash hanya dengan sentuhan.
"Dia telah memenangkan pertarungan, dia membuat saya kehilangan kejuaraan."

Tapi pembalap Spanyol Lorenzo telah menyerukan Rossi dihukum, menambahkan: ". Sudah jelas bahwa ia mengambil Marquez off" Sebelum balapan Rossi, 36, dituduh Marquez sengaja mencoba untuk menghalangi dia selama Grand Prix Australia pada 18 Oktober untuk membantu Lorenzo. "Marquez tidak bermain dengan kami berdua, ia hanya bermain dengan saya," kata Rossi. "Dia tidak bermain adil. Dia akan lebih memilih Lorenzo untuk menang. Dia marah pada saya untuk masalah pribadi."

Direktur balapan MotoGP Mike Webb mengatakan: "Dia tidak bertanggung jawab karena menyebabkan kecelakaan dan untuk itu kami telah memberlakukan tiga hukuman poin pada Rossi."
Memimpin Rossi berarti dia pasti akan memenangkan gelar jika ia bisa finis di dua teratas di Malaysia, sementara Lorenzo harus menyelesaikan setidaknya delapan untuk memiliki kesempatan untuk merampas dia. Rossi mengincar gelar MotoGP ketujuh, sementara Lorenzo 28 tahun mencoba untuk memenangkan ketiga.

Malaysian GP result
1. Dani Pedrosa (Spa/Honda) 40 min 37.691 secs
2. Jorge Lorenzo (Spa/Yamaha) +3.612 secs
3. Valentino Rossi (Ita/Yamaha) +13.724 secs
4. Bradley Smith (GB/Yamaha) +23.995 secs
5. Cal Crutchlow (GB/Honda) +28.721 secs

Moto GP standings
1. Valentino Rossi (Ita/Yamaha) 312 pts
2. Jorge Lorenzo (Spa/Yamaha) 305 pts
3. Marc Marquez (Esp/Honda) 222 pts
4. Dani Pedrosa (Spa/Honda) 190 pts
5. Andrea Iannone (Ita/Ducati) 188 pts

0 Komentar