Tulisan Bermanfaat SAUDARA DAN PERSAUDARAAN dari Tukiyo Suryo Atmojo

Tulisan Bermanfaat SAUDARA DAN PERSAUDARAAN 

dari Tukiyo Suryo Atmojo


"Saya sedih memikirkan anak saya yg ke dua hidupnya lumayan baik. Tapi ia seperti kurang peduli pada saudara saudara nya. Anehnya ia sangat mudah MEMBANTU ORANG LAIN."

Teman-teman.....saya yakin hal begini ada disekitar anda dan malah bisa jadi kitapun mengalaminya. Mungkin anda akan sulit percaya kalau penelitian menyebutkan TAK ADA HUBUNGANNYA antara SAUDARA dan KEBAHAGIAAN.

Saudara tidak akan membuat kita bahagia. Yang membuat kita bahagia adalah PERSAUDARAAN. Saudara adalah orang-orang yang terhubung dengan kita karena pertalian darah, (Dimensi fisik) Sedangkan PERSAUDARAAN adalah orang-orang yang terhubung dengan kita karena pertalian hati, (berdimensi spiritual).

Sejarah mencatat banyak kejahatan yang dilakukan oleh saudara kepada saudaranya sendiri. Kisah pembunuhan pertama dalam sejarah umat manusia, antara dua putra nabi Adam Qabil dan Habil. Ada juga kisah konspirasi saudara-saudara Nabi Yusuf untuk melenyapkannya. Kita juga membaca sejarah kerajaan bagaimana Ken Arok dalam tujuh turunan saling bunuh membunuh. Lalu bagaimana pula dengan kisah Mahabarata. Ratusan orang yang melibatkan ribuan orang terbunuh mati oleh saudaranya sendiri.

Kisah-kisah ini mengajarkan kepada kita bahwa saudara yang bertali secara darah bisa menjadi musuh saat tidak ada pertalian hati atau spiritual.

Sementara ada kisah kisah tentang hubungan antar manusia yang tidak punya pertalian darah namun bersedia bahkan mengorbankan nyawanya demi PERSAHABATAN. Kita ingat kisah para sahabat nabi yang rela bertaruh nyawa demi melindungi dan membelanya. 

Kita ingat kisah Karna yang mengorbankan nyawanya untuk berperang dengan adik adik nya sendiri demi membela sahabatnya Duryudana.

Lalu apa yang dibutuhkan agar rasa PERSAUDARAAN tetap terbangun antara SAUDARA? Kata kuncinya adalah CONNECTEDNESS atau rasa terhubung satu sama lain, rasa bahwa kita adalah satu tubuh. Terhubung itu merasakan saat ada bagian dari tubuh kita yang sakit, maka seluruh tubuh akan merasakannya, Kita merasa senang jika saudara kita mendapatkan kebaikan, dan kita merasa sedih saat saudara kita sedang ada masalah. Terhubung juga berarti kita selalu menjalin hubungan dengan saudara kita meski kita sedang tidak membutuhkannya atau tak ada sesuatu yang urgent.

Mari periksa mana SAUDARA FISIK anda dan siapa SAUDARA SPIRITUAL ANDA?


0 Komentar