Kegiatan Tanoto Foundation Ingin Melahirkan Pemuda Peduli Lingkungan


Kondisi sebuah bangsa akan lebih baik seandainya banyak pihak yang peduli dengan lingkungannya. Tak terkecuali di Indonesia. Jika banyak anak muda yang memerhatikan sekitar, maka dijamin permasalahan dan problem di negeri kita sedikit banyak bakal berkurang.

Tanoto Foundation yang didirikan oleh keluarga Sukanto Tanoto merasa tergerak untuk bantu mengatasinya dan melahirkan generasi pemuda peduli lingkungan.

Salah satu kegiatan Tanoto Foundation terbesar terkait dengan pendidikan, yaitu memberi beasiswa yang bisa diperoleh oleh para siswa hingga mahasiswa. Beasiswa Tanoto Foundation dibuka setiap tahun dan bisa didapatkan siapa saja asalkan lolos dalam proses seleksi.

Penerima beasiswa Tanoto Foundation biasa disebut sebagat Tanoto Scholars. Selain mendapatkan dukungan finansial berupa bantuan biaya pendidikan dan uang saku sesudah meraih beasiswa, mereka juga mendapatkan beragam pelatihan kompetensi. Selain itu, mereka juga didukung untuk melakukan berbagai kegiatan sosial untuk masyarakat. Hal ini sejalan dengan prinsip “pay it forward” dimana penerima beasiswa didorong untuk menyebarkan kebaikan dan hal positif kepada lebih banyak orang.

Biasanya Tanoto Scholars yang bergabung dalam Tanoto Scholars Association memiliki beragam kegiatan sosial di daerah masing-masing. Jenis maupun skala kegiatannya disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan di setiap wilayah. Hal itu kerap dilakukan dalam naungan cabang-cabang Tanoto Scholars Association yang ada di berbagai wilayah di Indonesia.

Hasilnya, para Tanoto Scholars menjadi sering terlibat aktif dalam kegiatan sosial di cabangnya masing-masing. Ada yang memberi pelatihan baca tulis bagi anak-anak. Ada pula yang membantu korban bencana alam. Selain itu, tidak sedikit juga yang mendirikan perpustakaan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, terutama anak-anak.

Kegiatan itu secara tidak langsung menghadirkan kepedulian terhadap lingkungan. Hal ini sangat penting bagi kemajuan Indonesia. Pasalnya, tanpa generasi yang peka terhadap permasalahan di masyarakat, problem sosial bakal terus muncul.

“Pembangunan seperti saat ini harus didukung oleh pemimpin yang tangguh, berkualitas, dan peduli akan lingkungan,'' kata Anderson Tanoto yang merupakan anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation.

Anderson Tanoto menambahkan pihaknya selalu menggelar Tanoto Scholars Gathering setiap tahun, sebagai ajang berkumpul para Tanoto Scholars sekaligus menambah kompetensinya. Bersamaan dengan itu kerap disisipkan inspirational talk yang mengundang penerima beasiswa Tanoto Foundation untuk peduli terhadap lingkungan.

“Kami percaya Tanoto Scholars Gathering serta kegiatan Tanoto Foundation lainnya mampu melahirkan calon pemimpin Indonesia di masa depan dengan kemampuan intelektual yang tinggi, cakap dan unggul, serta ambil bagian dalam penanggulangan kemiskinan” kata Anderson Tanoto.

Penerima beasiswa Tanoto Foundation kini tersebar di 35 perguruan tinggi di Indonesia. Hingga kini tak kurang dari 6.700 orang yang sudah menerimanya. Sebagai bagian dari sedikit orang di negeri kita yang mampu menikmati pendidikan tinggi, para Tanoto Scholars berpeluang besar menjadi pemimpin bangsa pada masa depan. Ketika itu terjadi, Tanoto Foundation sudah membekalinya dengan kepedulian sosial yang tinggi sehingga mereka akan menjadi pemimpin yang peduli terhadap yang berkekurangan.

0 Komentar