Mengenal Koleksi Museum Keraton Surakarta Yang Bernilai Sejarah Tinggi

Mengenal Koleksi Museum Keraton Surakarta Yang Bernilai Sejarah Tinggi
Mengenal Koleksi Museum Keraton Surakarta Yang Bernilai Sejarah Tinggi

Mengenal Koleksi Museum Keraton Surakarta Yang Bernilai Sejarah Tinggi
Berwisata ke kota Solo tentu tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Museum Keraton Surakarta. Museum yang terletak di samping Keraton Surakarta ini menyimpan banyak koleksi yang bernilai sejarah tinggi. Mulai dari foto silsilah keluarga, hingga berbagai benda pusaka. Berbagai relief yang menceritakan peristiwa bersejarah dan budaya juga dipamerkan. Koleksi museum yang lengkap tersebut tentu dapat menambah wawasan mengenai Kesultanan Surakarta. Untuk dapat mengunjunginya, kita dapat menggunakan sewa mobil Solo 24 jam dengan aneka pilihan jenis kendaraan. Peta : https://goo.gl/maps/TWjKhoVm8ek
Koleksi Museum Keraton Surakarta
Sebelum menyewa mobil, kita sudah harus dapat memperkirakan waktu yang akan dihabiskan. Apakah dalam waktu 6, 12 ataukah 24 jam. Jika yang dipilih adalah sewa mobil Solo 24 jam, maka kita dapat menggunakan mobil tersebut sepanjang siang hingga malam berakhir. Artinya kita akan punya cukup waktu untuk menikmati semua koleksi Museum Keraton Surakarta. Dalam Museum tersebut, berbagai benda koleksi telah ditata secara rapi dan ditempatkan dalam ruang-ruang tertentu. Adapun koleksi-koleksi tersebut meliputi:
  1. Kereta Kerajaan Kasunanan Surakarta
Di ruangan lain, kita dapat menikmati berbagai kereta kerajaan yang sangat indah dan mewah. Salah satu kereta tersebut adalah persembahan VOC yang bernama Kyai Garudha. Kereta ini berasal dari jaman Paku Buwana II. Terdapat juga sebuah kereta mewah yang bernama Kyai Rajapeni. Kereta ini digunakan oleh Paku Buwana X untuk berkeliling kota. Selain itu, terdapat kereta yang biasanya digunakan untuk menjemput tamu-tamu agung pada masa pemerintahan Paku Buwana VII Hingga X.  Kereta ini berukir sangat indah.
  1. Relief dan Adegan Kesenian Rakyat
Ruangan yang menyimpan relief dan adegan dari berbagai kesenian rakyat menjadi tempat yang menarik banyak pengunjung. Disini terdapat relief yang menggambarkan pertunjukan dari wayang kulit dan Klenengan. Terdapat juga relief dari berbagai pertunjukan yang biasanya ditampilkan pada acara pernikahan, supitan, bersih desa dan ruwatan. Dalam sebuah lemari kaca dipajang berbagai adegan dari wayang golek, wayang klitik dan jenis-jenis wayang lainnya. Semua relief dan adegan ini dapat dengan leluasa dinikmati jika kita menggunakan layanan sewa mobil Solo 12 jam.
  1. Relief Pengantin Jawa Serta Perlengkapannya
Bagi wisatawan yang ingin mengetahui seperti apa prosesi pernikahan pengantin Jawa, khususnya anggota keluarga kerajaan Surakarta, dapat melihatnya melalui relief di Museum Keraton Surakarta. Relief yang berada di salah satu dinding ruangan museum menggambarkan bagaimana prosesi pernikahan tersebut terjadi, mulai dari keberangkatan pengantin hingga berbagai upacara yang harus dilalui. Dipamerkan juga perlengkapan-perlengkapan yang biasanya digunakan saat pernikahan tersebut.
  1. Berbagai Benda dan Arca perunggu
Koleksi menarik dan bernilai sejarah tinggi lainnya yang terdapat di Museum Keraton Surakarta adalah berbagai benda serta arca yang terbuat dari perunggu. Diantaranya adalah arca dari Dewa Kuwera, Budha Avalokiteswara, Dewi Durga, Dewi Tara dan Dewa Siwa. Terdapat juga Arca Bali yang berasal dari jaman purba. Berbagai peralatan upacara agama yang berbahan perunggu juga dipamerkan di ruangan ini. Semua koleksi tersebut disimpan secara apik dalam lemari-lemari kaca.
Masih ada berbagai koleksi Museum Keraton Surakarta lainnya. Kita memang membutuhkan waktu cukup banyak untuk dapat menikmati semua koleksi tersebut. Karenanya jika kita hendak mengunjungi museum ini dengan mobil sewaan, sebaiknya pilihlah sewa mobil Solo 8 jam melalui DOcar rental mobil online. Dengan layanan ini, maka kita akan memiliki banyak waktu untuk berkeliling museum dan mengunjungi berbagai tempat wisata lainnya yang ada di sekitar Keraton Surakarta.

Sewa mobil Solo 24 jam memberikan cukup waktu untuk menikmati berbagai koleksi Museum Keraton Surakarta. Pemesanan secara online dapat dilakukan melalui docar.co.id.


0 Komentar