Asyiknya Melancong Ke Pulau Komodo

Komodo di Labuan Bajo, Surganya Para Traveller Pulau Rinca

Asyiknya Melancong Ke Pulau Komodo

Komodo di Labuan Bajo, Surganya Para Traveller

Siapa yang tak pernah mendengar nama pulau satu ini? Bagi para traveller pasti sudah tidak asing lagi dengan nama ini, yakni Pulau Komodo, terletak di Labuan bajo yang merupakan ibu kota dari kabupaten Manggarai Barat, Nusa  Tenggara Timur.

Letak dari Labuan Bajo ini tepatnya di ujung barat Pulau Flores. Pulau Komodo memang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa, pepohonan dan berbagai tanaman cantik serta yang unik terdapat pondok-pondok kayu dengan atap berupa jerami, membuat kota ini semakin menarik untuk dikunjungi.

Nah, Pulau Komodo juga menjadi tujuan utama para traveller atau wisatawan yang hendak berlibur. Biasanya mereka jika berkunjung ke sini, karena penasaran dengan adanya Spesies Komodo, yang merupakan reptil langka yang harus dilindungi.

Jika  kalian berkunjung kemari, kalian bisa mengunjungi berbagai pulau atau tempat-tempat wisata yang menarik, yang ada di Pulau Komodo ini. Selain Taman nasional Pulau Komodo ada banyak sekali tempat-tempat yang disediakan di Pulau Komodo ini bagi para wisatawan. Yuk Kita lihat apa saja sih, tempat-tempat wisata menarik yang bisa kalian kunjungi saat di Pulau Komodo.


1. Taman Nasional Komodo

Yang pertama sudah pasti, Taman Nasional Komodo. Pulau Komodo adalah pulau yang akan menjadi tujuan wisata utama para wisatawan. Pulau Komodo adalah tempat dimana komodo hidup. Selain komodo daya tarik dari pulau ini adalah keindahan alam di sekitar pulau yang sangat eksotik dan mengagumkan. Di sekitar Pulau Komodo terdapat pulau-pulau kecil yang sangat cantik, serta airnya yang sangat jernih berwarna biru.

Di dalam Pulau Komodo terdapat Taman Komodo. Awalnya taman ini didirikan untuk melindungi komodo dari kepunahan. Taman ini sudah didirikan sejak tahun 1980. Bahkan oleh UNESCO Taman Nasional Komodo ini diakui sebagai situs warisan dunia bahkan masuk dalam tujuh keajaiban dunia.

Banyak sekali kegiatan menarik yang bisa dilakukan di taman nasional komodo ini. Diantaranya melihat komodo secara langsung, bermain air di laut, diving, snorkeling serta berenang bersama kura-kura dan hiu. Tak hanya itu  kalian bisa menyelam di crystal rock agar bisa melihat berbagai ikan, seperti parrotfish, barramundi, dan ikan lainnya.

Letak dari Pulau Komodo  sendiri ialah di Manggarai Barat, Nusa tenggara Timur. Nah perlu diketahui bahwa Labuan bajo ini berada di dalam Komodo ini.

2. Pulau Rinca

Pulau ini merupakan salah satu gugusan pulau yang ada di Labuan Bajo, atau di Kepulauan Komodo. Ternyata di Pulau Rinca ini juga terdapat komodo. Komodo yang ada di Pulau Rinca juga cukup banyak, meskipun Pulau Rinca luasnya tidak seluas Pulau Komodo.

Saat kalian mengunjungi Pulau Rinca maka kalian akan ditawarkan untuk mengikuti kegiatan pelestarian lingkungan , yakni dengan program penanaman tanaman bakau.

Untuk menuju ke Pulau Rinca kalian akan menaiki kapal sewaan dari Labuan Bajo. Dan perjalanan biasanya akan memakan waktu kurang lebih dua jam. Namun perjalanan selama itu tidak akan terasa jika kalian menikmati pemandangan di sekitarnya.

3. Pulau Kanawa

Pulau Kanawa ini memiliki luas sekitar tiga puluh lima hektar, yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Pulau Kanawa memiliki keindahan alam yang sangat eksotis. Air lautnya sangat biru dan bersih serta pasir putihnya yang lembut dan juga bersih. Lebih-lebih pemandangan bawah lautnya yang luar biasa, tak kalah dengan pemandangan laut di Bunaken atau pun Raja Ampat.

Tak usah menyelam pun, kalian sudah bisa melihat pemandangan bawah lautnya, seperti berbagai terumbu karang yang sangat cantik, beberapa ikan kecil yang berlari ke sana ke mari, mola-mola dan juga penyu. Namun lebih asyik lagi jika kalian melakukan diving di Pulau Kanwa ini, dan sudah tersedia diving center untuk menyewa alat-alat untuk diving juga.

Kalian juga bisa bermalam di pulau ini, karena di sini sudah tersedia kurang lebihnya tiga belas cottage. Untuk perjalanannya sendiri, dari Labuan Bajo ke Pulau kanawa kurang lebih sejauh lima belas kilometer, dengan menggunakan speed boat. Namun tidak akan terasa jauhnya dengan menikmati pemandangan alam di sekitar pulau.

4. Gili Laba

Saat kamu berada di Pulau Komodo jangan lupa mengunjungi tempat satu ini. Gili Laba tepat berada di dalam Taman Nasional Komodo. Nah kamu akan mendapatkan pemandangan yang begitu menakjubkan setelah sampai di puncak Gili Laba. Karena dari puncak tersebut terlihat hampir keseluruhan Pulau Komodo.

Maka kalian akan melihat hamparan laut yang berwarna biru yang sangat indah, serta bentangan pasir putih yang terlihat dari puncak bukit ini. Apalagi bila kalian mengunjunginya saat musim penghujan, maka pemandangan pepohonan yang hijau nan rimbun akan semakin cantik saat dilihat dari Gili laba.

Untuk mencapai puncak Gili Laba, kalian harus siap sebelumnya, karena akan membutuhkan banyak tenaga. Sebab kalian akan melewati berbagai tanjakan, dan terus mendaki hingga ke puncak Gili Laba. Saat pendakian kalian bisa melewati rute mana saja, karena memang tidak ada titik khusus untuk mendaki. Walaupun terkesan menguras tenaga, namun setelah sampai puncak semua akan terbayar dengan melihat pemandangan yang menakjubkan dari atas puncak Gili laba. Namun jangan salah, kalian tak hanya mendaki bukit, tapi juga bisa melakukan kegiatan lainnya, seperti snorkeling, bermain air dan juga berjemur.

Untuk menuju Gili Laba, maka kalian akan memakan waktu kurang lebih empat jam dari labuan bajo, namun jika dari pulau komodo hanya akan memakan waktu sekitar satu jam saja.

5. Air Terjun Cunca Wulang

Buat kalian yang suka banget nih dengan wisata alam, yang tak hanya pantai, kalian bisa mengunjungi tempat satu ini saat di Pulau Komodo. Air terjun ini tepatnya berada di hutan Mbeling. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 200mdpl, aair terjun ini bisa dibilang mirip dengan green canyon, namun tidak sebesar green canyon, dibandingkan itu, air terjun ini ukurannya kecil.

Begitu banyak juga bebatuan di sepanjang sungai, namun bebatuan itu juga aman untuk dipanjat, jadi kalian bisa meloncat dari batu yang satu ke batu lainnya. Dan yang paling penting saat kemari ialah, harus menyiapkan makanan serta minuman, karena  di sini masih belum ada penjual makanan dan minuman.

Asyiknya Melancong Ke Pulau Komodo

Itulah beberapa tempat yang berada di Pulau Komodo yang bisa kalian kunjungi. Menarik bukan? Tak hanya itu baru datang di Pulau Komodo pun kalian sudah disuguhi oleh pemandangan yang unik, apalagi jika kalian mendatangi tempat-tempat wisatanya yang lebih menarik lagi.

Selain itu, yang terpenting ialah tetap jaga kesehatan, persiapkan diri sebelum berkunjung ke sana. Membawa vitamin dan obat-obatan dan perlengkapan yang sekiranya dibutuhkan. Semoga bermanfaat

0 Komentar