Agar Aman, Begini Cara Membeli Apartemen yang Benar - Arreza

Wednesday, 5 December 2018

Agar Aman, Begini Cara Membeli Apartemen yang Benar

Agar Aman, Begini Cara Membeli Apartemen yang Benar

Agar Aman, Begini Cara Membeli Apartemen yang Benar
Membeli properti tidaklah semudah yang dibayangkan, harus banyak yang harus diperhatikan, tidak hanya masalah harga dan lokasi, urusan keamanan juga harus diperhatikan karena jika salah memilih properti di lokasi yang rawan akan bencana, bisa-bisa nantinya akan membahayakan untuk keselamatan jiwa.   
Apalagi bagi mereka yang memilih untuk membeli apartemen, masalah keamanan merupakan hal yang terpenting, resiko kecelakaan tinggal di apartemen lebih tinggi jika dibandingkan dengan rumah tapak. Urusan keamanan ini pun sangat penting bagi mereka yang memiliki apartemen di daerah yang rawan akan gempa ataupun banjir.  
Menurut Mart Polman Managing Director Lamudi Indonesia, setiap calon pembeli apartemen harus mengetahui dengan detail apakah produk tersebut telah memenuhi standar operasional keamanan dengan baik. Jangan sampai salah membeli apartemen hingga akan membahayakan keselamatan penghuni,   
“Jangan sampai kita membeli apartemen dengan kualitas keamanan yang buruk, apalagi jika berada di kawasan yang memang rawan akan bencana,” kata Mart.               
Nah, bagi Anda yang saat ini ingin membeli apartemen, berikut ini adalah tips aman untuk memilih apartemen :
Pilih developer yang berpengalaman
Selain memiliki harga jual apartemen yang menarik, ada baiknya Anda juga mencari developer atau pengembang yang berpengalaman, karena biasanya pengembang tersebut memiliki track record yang jelas dan kerap mengeluarkan produk properti yang memiliki kualitas yang baik. Jika Anda ingin mencari tahu tentang track record pengembang Anda juga bisa mendapatkannya dari Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI).
Cek sertifikat laik fungsi (SLF)
Saat membeli apartemen, jangan lupa untuk menanyakan kepada pengembang tentang keberadaan Sertifikat Laik Fungsi (SLF). Sertifikat ini sangat penting, karena sebagai tolak ukur kelaikan teknis gedung bangunan serta fungsinya.Sertifikat ini dikeluarkan oleh pemerintah kota tempat dimana gedung apartemen tersebut dibangun. Contohnya oleh Pemprov DKI Jakarta ataupun Pemprov Jawa Timur.  
Jangan tertipu dengan harga  
Jangan tertipu dengan harga, karena harga yang mahal belum tentu memiliki kualitas bangunan yang. Selain itu ada baiknya juga Anda jangan terbuai dengan gambar pada brosur, kunjungi langsung lokasi dibangunnya apartemen, periksa dengan seksama apakah bangunan apartemen tersebut dibangun dengan baik, Anda pun juga disarankan untuk memeriksa lokasi di sekitar apartemen, periksa apakah apartemen dibangun di lokasi area yang bebas banjir.
Perhatikan usia bangunan
Jika Anda membeli apartemen second ada baiknya menanyakan usia bangunan apartemen tersebut. Semakin tua maka semakin besar pula potensi kerusakan yang akan diterima serta juga akan mengeluarkan biaya perawatan yang tinggi.
Periksa kelengkapan fasilitas keselamatan
Jangan lupa untuk memeriksa fasilitas keselamatan pada tower apartemen, seperti tangga darurat, alat pemadam kebakaran, sirine, adanya tempat evakuasi saat kebakaran, pemadam air otomatis, tanyakan juga kepada pengembang apakah mereka kerap merawat alat keselamatan.

Bagikan artikel ini

10 comments

  1. Mengecek dokumen kepemilikan itu Sanger penting ya karena jgn sampai kena tipu saat beli apertemen...

    ReplyDelete
  2. Memang sih banyak masyarakat yang percaya kalau harga mahal, kualitas alan bagus. Padahal tidak demikian. Tapi, biasanya harga mahal kan tergantung letak daerahnya masing-masing kan mas?

    Dan yang sering tidak diperhatikan masyarakat adalah kalau beli bangunan atau apartemen second, tidak menanyakan usianya. Tulisannya informatif maas. Mantul

    ReplyDelete
  3. Wah mantap banget ini tipsnya, bener banget nih beli apartement faktor2 keamanan dan lain2 seperti tips diatas ini sangat penting diperhatikan nih.

    ReplyDelete
  4. Makasih tipsnya kak ..memang yg utama itu developernya sih menurutku...kalo developernya jelas rasanya tak perlu was was lagi buat mengambil keputusan beli atau sewa apartemen

    ReplyDelete
  5. Iya ya penting juga mengetahui berapa usia bangunan yang mau kita huni. Ini menyangkut resiko ke depan dan pertimbangan renovasi atau perbaikan.

    ReplyDelete
  6. Bener banget mas.. Dari sekian banyak alasan, alasan keamanan tetap harus jadi yang utama ya. Thanks sharingnya ya..

    ReplyDelete
  7. Mencerahkan banget ini sharingnya mas. Memperhatikan umur bangunan ini yang kadang sering terlewatkan ya.. Padahal ini bisa berimbas banyak nantinya.

    ReplyDelete
  8. Setuju banget kak, jangan tertipu dengan harga.... Memang harus memperhatikan developer perumahan nya ya... Note

    ReplyDelete
  9. apartemen sepertinya bisa menjadi investasi menarik nih

    ReplyDelete
  10. membeli apartemen dan rumah nyaris sama tipsnya
    kejelian dan kewaspadaan memang penting
    karena akan digunakan untuk waktu lama plus investasi
    jadi ga apa deh sedikit ribet nanya ini itu dan periksa ini itu

    ReplyDelete