Pelajari Contoh Struktur Organisasi Startup Disini. Penting Untuk Anda yang Mengembangkan Startup! - Arreza MP

Tuesday, 31 May 2022

Pelajari Contoh Struktur Organisasi Startup Disini. Penting Untuk Anda yang Mengembangkan Startup!

 

Pelajari Contoh Struktur Organisasi Startup Disini. Penting Untuk Anda yang Mengembangkan Startup!

Mengembangkan bisnis startup biasanya harus dilakukan dengan penuh pertimbangan dengan banyak orang berpengalaman. Selain membutuhkan modal usaha, startup juga harus dikembangkan dengan banyak orang yang sudah berpengalaman dalam dunia bisnis.

Nah, bagi kamu yang pensaran. Mari simak apa saja struktur organisasi startup berikut ini!

Kenapa Struktur Organisasi Startup Dibutuhkan?

Ada baiknya, sebelum menentukan apa saja posisi yang dibutuhkan dalam suatu bisnis tersebut, perlu diketahui apa pentingnya sebuah penyusunan struktur organisasi bagi suatu perusahaan startup.

Struktur organisasi dalam suatu perusahaan startup dinilai memberikan banyak sekali manfaat untuk perusahaan startup tersebut. Berikut beberapa manfaat dari adanya struktur organisasi startup yang terstruktur:

1. Fungsi Pengawasan

Struktur organisasi menjadikan fungsi pengawasan lebih mudah dari atas hinggga ke bawah sehingga seluruh posisi bisa berjalan maksimal yang akan membantu dalam mencapai operasional perusahaan yang baik dan optimal yang ingin dicapai oleh semua orang. 

2. Mempermudah dalam Evaluasi

Struktur organisasi akan memberikan bantuan dalam melakukan evaluasi yang sesuai dari jenjang yang satu hingga ke jenjang lainnya sehingga nantinya akan mudah diketahui apa yang menjadi masalah pada sebuah perusahaan startup tersebut. Struktur organisasi juga akan memberikan solusi terbaik terkait masalah yang muncul di startup.

3. Koordinasi antar posisi

Sebuah perusahaan startup dengan strutktur organisasi yang baik akan memberikan koordinasi posisi yang lebih baik dan efisien. Masing-masing peran dari perusahaan startup bisa berfungsi maksimal untuk menjalankan perannya.

Bagaimana Struktur Organisasi Startup yang Ideal?

Menurut buku Startup Pedia karangan Anis Uzzaman, dijelaskan bahwa ada 6 anggota yang diperlukan dalam tahap akhir sebuah perusahaan startup  yakni:

  1. ·         CEO
  2. ·         CTO
  3. ·         CFO
  4. ·         CMO
  5. ·         COO
  6. ·         WP Penjualan (Wakil Presiden Penjualan)

CEO – Chief Executive Officer

Julukan ini sangat sering ditemui dalam dunia startup karena dikenal sebagai pemimpin dan perwakilan perusahaan. Sebagai pemimpin dalam struktur organisasi, peran CEO ini sangat menentukan kualitas seseorang karena berkaitan dengan masa depan perusahaan yang dipimpinnya.

CEO juga diharapkan bisa menjaga hubungan dengan eksternal seperti investor untuk perusahaan mereka. Untuk masalah internal, biasanya CEO akan mengatasi masalah yang berkaitan dengan merancang dan mengkomunikasikan visi perusahaan, merekrut anggota tim, memprediksi anggota tim, memprediksi tren pasar, menguraikan strategi perusahaan, dan mengatur biaya dan anggaran.

CTO – Chief Technology Officer

CTO biasanya lebih bertanggung jawab terhadap produk karena biasanya posisi ini belum diisi ketika masa awal pembentukan perusahaan startup. Tanggung jawab posisi ini biasanya terkait dengan menyatukan pengembangan produk, memahami perkembangan teknologi, dan mengelola pengembangan produk.

CFO – Chief Financial Officer

CFO dalam perusahaan startup biasanya akan mengatasi masalah terkait dengan pembentukan strategi penggalangan dana, membuat keputusan terkait dengan sumber daya manusia, merumuskan dokumen keuangan, dan membahas mengenai masalah kesehatan keuangan perusahaan dengan CEO.

CMO – Chief Marketing Officer

CMO ini bekerja untuk mengatasi masalah aspek pemasaran, riset pasar, dan menjaga citra perusahaan di mata public. Tugas lainnya terkait dengan pengembangana strategi pemasaran, melaksanakan riset pasar, menjaga citra perusahaan, dan menciptakan kampanye humas.

COO – Chief Operating Officer

COO akan mengatasi segala hal yang terkait dengan operasional perusahaan dimana biasanya pada awal pembentukan perusahaan startup, hal ini diambil alih oleh CEO. COO akan menangani masalah terkait dengan penghubung antara karyawan dan CEO, mengatur bisnis, dan mengatur perusahaan.

WP Penjualan

Wakil presiden penjualan biasanya mengatasi masalah terkait dengan keuangan dan berkaitan erat dengan marketing dan penjualan seperti pengembangan strategi pemasaran dengan CMO dan memahami kebutuhan konsumen dan pengembangan nilai tambah yang menarik.

Apakah Keseluruhan Struktur Organisasi Wajib ada dalam Perusahaan Startup?

Setelah memahami apa saja daftar struktur organisasi umum dalam sebuah perusahaan startup, kita pasti akan bertanya-tanya, apakah keseluruhan struktur organisasi ini wajib ada dalam startup?

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan di atas, jika struktur organisasi yang paling ideal ialah terdiri dari CEO hingga Wakil Presiden penjualan. Namun, hal ini tidak menjadi patokan untuk memenuhi semua struktur anggota dalam sebuah startup yang baru berdiri.

Startup yang masih dalam tahap pembentukan biasanya masih menyesuaikan dengan model organisasi yang memang sedang dibutuhkan saja. Tidak perlu mewajibkan seluruh struktur organisasi terisi dengan penuh, namun tetap optimis untuk menjalankan perusahaan startup dengan baik. 

Peran Manakah yang Memiliki Tanggung Jawab Paling Besar?

Sebenarnya semua struktur organisasi hampir memiliki peran yang sama dan sama-sama bertangung jawan untuk sebuah perusahaan startup yang mereka geluti. Namun, jika dilihat dari sisi tanggung jawabnya maka peran yang paling berat tampaknya dipegang oleh seorang CEO.

CEO memiliki tanggung jawab yang paling besar karena ia memegang posisi penting pada sebuah perusahaan startup. Posisi CEO ini merupakan pemimpin untuk seluruh divisi yang ada dalam suatu perusahaan sehingga peranannya merupakan motivator bagi seluruh pekerja yang ada dalam perusahaan startup tersebut selaku bawahannya.

Bagaimana jika Perusahaan Startup Tidak Memiliki Peran WP Penjualan

Sebenarnya, untuk perusahaan startup yang baru saja berkembang masih belum membuutuhkan banyak sekali peran ideal dalam sebuah struktur organisasi Startup. Hal ini disebabkan karena biasanya untuk perusahaan startup yang baru berkembang akan menjalankan perannya masing—masing dan belum memiliki banyak sekali tugas mendesak.

Apalagi untuk  peran wakil presiden pemasaran, untuk perusahaan startup baru berkembang hal ini bisa dijalankan oleh seluruh anggota. Namun, untuk perrusahaan startup yang sudah lama berkembanag disarankan untuk memiliki anggota yang mengatur sendiri masalah pemasaran produk mereka agar struktur perusahaan startup bisa berjalan dengan baik.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda