Search Engine Optimization dipelajari Blogger Kepri dengan Ammar Satria

Search Engine Optimization dipelajari Blogger Kepri dengan Ammar Satria
Foto Bareng Blogger Kepri dengan Ammar Satria seusai pelatihan
Search Engine Optimization dipelajari Blogger Kepri dengan Ammar Satria

Profile Pengajar SEO, Bapak Ammar Satria Dahlan adalah seorang Dosen, dan pendiri Fingerfast Lab, Beliau juga seorang pebisnis multimedia yang melayani jasa pembuatan aplikasi Smartphone, Tablet, Ebook, Wedding dan lain lain.

Acara ini disponsori oleh Solatiket.com, DMerlion Hotel, Narasumber oleh Fingerfast Laboratory.

Search Engine Optimization dipelajari Blogger Kepri dengan Ammar Satria
Suasana Pelatihan SEO Blogger Kepri (sumber foto : sarahjalan.com)

Pengertian Blog, Blogging, Blogger

1. Blog kata singkat yang diambil dari Website Log. Website Log sendiri adalah suatu situs atau website yang berisikan informasi di World Wide Web atau www . Web diartikan sebagai jaringan kemudia Log adalah catatan atau buku harian.

www sendiri adalah sistem dokumen hypertext (teks yang merujuk pada teks lainnya) yang saling terkait dan bisa diakses melalui internet.

Sumber : Wikipedia.

Kesimpulan blog adalah kumpulan dari catatan harian yang dipublikasikan dan tersaji secara online, sehingga bisa juga dikatakan blog adalah catatan pribadi yang tersusun sehingga kita bisa membaca apa saja yang telah dialami, dirasakan dan juga diketahui.

Tentunya kriteria dari masing-masing blog pastinya berbeda, sehingga kita bisa menspesifikasikan macam-macam blog dengan kata lain Niche Blog. Tema tertentu dari blog seperti Tema tentang asuransi, Tema tentang Wisata, Tema tentang Travelling, dan lain sebagainya.

2. Blogging adalah aktivitas terbaru seseorang yang membuat blog, alias blogger.

3. Blogger adalah orang yang menulis cerita di blog, baik cerita fiksi, menulis tentang pengalaman traveling, wisata, kuliner, review produk, dan lain lain.

Jika jaman dahulu, orang lebih senang menulis didalam buku diary, Semenjak ada internet, orang lebih memilih menulis di blog. Untuk menulis di blog, kita harus memiliki email terlebih dahulu, kemudian baru bisa membuat blog.

Sumber : www.sarahjalan.com

Search Engine Optimization dipelajari Blogger Kepri dengan Ammar Satria
Bapak Ammar Satria dalam penyampaian materi SEO (sumber foto : sarahjalan.com)

SEO atau Search Engine Optimization adalah tehnik untuk bisa menempatkan tulisan dari Blog kita, untuk dapat tampil lebih mudah untuk dicari bagi orang yang membutuhkan informasi terkait. Beberapa metode yang diajarkan Bapak Ammar Satria adalah sebagai berikut :

A. Riset Kata kunci berdasarkan Trend menggunakan Google Trend.

Sebelum kita membuat judul dari suatu tulisan blog, akan lebih baik bila kita menyesuaikan dengan trend, supaya apa yang kita tulis minimal menjadi bahan acuan dan bisa terbaca oleh pengunjung yang sedang mencari kata kunci yang serupa. Contoh : "Paket Wisata Pulau Abang Snorkelling"

B. Meta Tag Blog

Meta Tag adalah judul khusus dari blog kita. Dengan adanya meta tag ini, maka pengunjung blog yang bertujuan mencari kata kunci yang serupa dengan judul blog kita, diharapkan dapat menemukan blog kita di halaman pertama dari pencarian. Contoh : "Tulisan Bermanfaat"

C. Integrasi dengan Media Sosial

Menggunakan IFTTT atau ifttt.com. Maka setiap postingan blog kita bisa diintegrasikan dengan beberapa platform media sosial, seperti Twitter, Linkedin, Facebook, Instragram, Google +, Pinterest dan lain-lain. Hal ini berguna untuk memudahkan satu pekerjaan dengan hasil pekerjaan yang maksimal.

Kesimpulan yang didapatkan adalah kegiatan blog merupakan kegiatan yang positif. Kita bisa mempengaruhi orang dari tulisan yang kita buat. Dengan tulisan blog tersebut, kita mengintegrasikan ke beberapa media sosial yang kita punya, untuk membuat tulisan kita lebih banyak di cari dan juga di baca orang. 

Semakin populer blog yang kita punya, tidak tertutup kemungkinan akan ada pihak yang ingin bekerjasama dengan kita. Dan tentunya dari tulisan kita akan mendapatkan hasil seperti pembaca yang setia dengan tulisan kita dan penghasilan dari tulisan kita.


Search Engine Optimization dipelajari Blogger Kepri dengan Ammar Satria
Foto Spanduk Pelatihan SEO Blogger Kepri dengan Ammar Satria (sumber foto : sarahjalan.com)
Liputan Seputar Kepri (RCTI Network Kepulauan Riau)

4 Komentar

  1. lanjut bikin tulisan di blog lebih rapi boleh kan belajar nya sama kak reza ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan, selama ilmu nya bisa berguna sama kak sarah

      Hapus
  2. menarik mbak bermanfaat sekali buat saya yg baru begini...thanks infonya y mbak...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih ibu frida, blog ibu juga sangat menarik tulisan dan inspiratif sekali bagi saya

      Hapus