Google YouTube Terasa Lebih Cepat dengan Telkom Speedy?

Rasa penasaranku beberapa hari terakhir ini terjawab sudah. Mengapa anak2 betah menggunakan Google YouTube sampai bandwidth internet melampaui tujuh giga bita, padahal baru pertengahan bulan, padahal langganan Socialia Telkom Speedy? Selain karena anak2 menurunkan resolusinya menjadi 240 (bawaannya: 360), ternyata server google lebih dekat dari biasanya!



Lebih dekat, karena ternyata ada mirror / cache server Google di Telkom, Sekupang, Batam. Ini saya tahu saat ngobrol dg rekan Telkom saat bincang2 kawan Gelora di Angkringan Duta Mas Batam Center.

Untuk meyakinkan diri saya coba mainkan YouTube di peramban kesayangan saya Firefox - Ubuntu. Lalu saya lihat kode halamannya (Page Source) dan saya temukan:



Terima kasih Google! Terima kasih Telkom! Terima kasih pembaca! :D

5 Komentar

  1. @geblek: wkkwkwk. maunya sih :D

    BalasHapus
  2. apa yakin artinya seperti itu? page source saya di baris yang sama menunjukkan: o-o.preferred.firstmedia-cgk1.v22.lscache8.c.youtube.com. Apakah artinya itu FirstMedia punya mirror juga di Jakarta? still doubt it though.

    BalasHapus
  3. @amir: pk istilah mirror mungkin kurang tepat / keliru. lebih tepatnya adalah cache. setahu saya google memang banyak cache server yg berfungsi untuk load-balancing.

    BalasHapus