MANFAAT PENGGUNAAN LOAD BANK PADA GENSET

MANFAAT PENGGUNAAN LOAD BANK PADA GENSET

sumber gambar : wisatakalimantan.com
sumber gambar : wisatakalimantan.com


Secara sederhana load bank adalah suatu perangkat yang digunakan untuk pengetesan, atau pembuangan beban listrik. Semisal sebuah Genset akan di test kemampuannya, maka digunakanlah Load Bank untuk pengetesannya. Apakah setelah diuji menggunakan load bank, kemampuan genset tersebut berkurang atau tidak, sesuai spesifikasi atau tidak.

Load Bank juga difungsikan sebagai media pengalih beban sementara atau sebagai pembuang beban, sebagai contoh, sebuah generator running dalam kondisi beban penuh, maka dikarenakan suatu sebab atau penyengajaan maka bebannya dihilangkan maka jika dibiarkan generator akan overspeed dan untuk mengatasi hal ini maka diperlukanlah load bank.

 1. Load Bank untuk Synchronizing Test

Load Bank dalam proses synchronizing test adalah sebagai simulator, sebelum proses synchronizing berjalan dengan baik perlu dilakukan setting dan testing dengan load bank sehingga pada saat proses tersebut tidak akan mengganggu kondisi instalasi kelistrikan yang sedang berjalan.

2. Load Bank untuk Pengetesan suatu Diesel Genset, Gas Engine dan Mesin Turbin.

Diesel Genset, Gas Engine dan Mesin Turbin sudah beroperasi lebih dari 14.000 jam, dapat di uji atau pengetesan dengan bertujuan guna mengetahui seberapa banyak prosentase penurunan kemampuan suatu Diesel Genset, Gas Engine dan Mesin Turbin tersebut. Yang indikasinya bisa digunakan sebagai acuan atau petunjuk data untuk service atau overhaul sehingga performa mesin Genset dapat mencapai kondisi yang prima.

3. Load Bank untuk Pemindah Beban

Pada suatu instalasi tertentu load bank diperlukan sebagai media pemindah beban, pada instalasi crane, load bank dipakai sebagai pengalih beban untuk menghindari efek overspeed pada generator set. akibat beban kejut yang hilang secara tiba-tiba, dengan menggunakan load bank, beban crane yang hilang langsung dipindahkan ke unit load bank sehingga kondisi generator set akan tetap stabil.

4. Load Bank  untuk Pengetesan System Battery dan UPS

Load bank berfungsi sebagai alat penguji kemampuan battery, juga sebagai media discharge pada battery.

itu dia manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan load bank, jika kamu berminat dengan Loadbank Berkualitas bisa langsung menghubungi Layanan sewatama dijamin dengan mesin berkualitas dan aman.

1 Komentar

  1. Ini buat genset yang berskala besar ya mas Reza?? atau utk genset rumahan jg

    BalasHapus