Mengenal Apa Itu Rapid Test untuk Virus Corona dan Manfaatnya

Mengenal Apa Itu Rapid Test untuk Virus Corona dan Manfaatnya

Ada banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menekan angka penularan penyakit Covid-19, yang cukup mewabah beberapa waktu belakangan ini. seperti yang diketahui bahwa memang pandemi virus Corona sampai sekarang ini memang belum menemukan titik terang. Bahkan jika dilihat kondisinya semakin parah dengan lebih banyak korban jiwa berjatuhan dimana-mana. Guna mengatasi hal tersebut pemerintah memang sengaja membuat berbagai macam kebijakan, termasuk diantaranya adalah kewajiban untuk melakukan rapid test ketika ingin melakukan perjalanan jarak jauh dengan sarana transportasi umum maupun untuk kepentingan yang lainnya. 

Istilah yang satu ini tentunya sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda bukan, mengingat layanan tersebut juga hadir dimana-mana. Untuk mempermudah masyarakat jika seandainya ingin melakukan pengetesan memang. Lalu sebenarnya apakah tes rapid tersebut? mungkin masih banyak yang belum tahu bukan. Ini merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan dari antibodi, yaitu IgM dan juga IgG yang diproduksi oleh tubuh ketika melawan infeksi virus Corona. 


Dalam artian dengan adanya tes tersebut nantinya akan diketahui apakah seseorang tersebut sedang terjangkit oleh Covid-19 ataukah tidak. Karena faktanya sendiri ada banyak orang yang tidak sadar bahwa mereka sedang terkena penyakit tersebut, karena memang tidak merasakan gejala-gejalanya. Hanya saja tes semacam ini tingkat akurasinya masih bisa dikatakan rendah, sehingga tak jarang orang-orang yang sebenarnya terjangkit tidak terdeteksi, begitu pula sebaliknya. Itulah mengapa ia hanya difokuskan untuk kebutuhan screening awal saja. 


Berbicara mengenai manfaat yang didapatkan dengan melakukan tes tersebut tentunya juga ada banyak sekali, diantaranya adalah: 


  1. Deteksi awal resiko terkena penyakit Covid-19, manfaat utama yang didapatkan dengan kegiatan rapid ini memang tak lain adalah untuk mendeteksi apakah seseorang tersebut tengah terjangkit penyakit Covid-19 ataukah tidak. Karena untuk tahap pengecekan lanjutan butuh biaya yang lebih banyak atau mahal, sedangkan tes ini harganya jauh lebih terjangkau, sehingga banyak yang menjadikannya sebagai pilihan.
  2. Menurunkan resiko penyebaran Covid-19, karena memang penyakit yang satu ini tidak bisa dikatakan sebagai masalah kesehatan yang sepele, melainkan sangat berbahaya karena mudah menular dari satu orang kepada orang yang lain. Tentunya potensi penularan ini dapat dikendalikan atau diturunkan jika sudah dilakukan screening awal, sehingga untuk orang-orang yang memang berpotensi untuk terserang penyakit ini nantinya akan diisolasi agar tidak menularkanya kepada orang lain di sekitar mereka.
  3. Guna menurunkan resiko infeksi yang lebih berbahaya, tak jarang beberapa kasus penderita Covid-19 ini tidak sadar bahwa mereka sedang terjangkit penyakit tersebut, namun tiba-tiba meninggal dunia atau mengalami kondisi happy hypoxia. Paling tidak meskipun seseorang tidak merasakan gejalanya, namun ternyata dari hasil rapid menunjukkan reaktif, bisa segera dilakukan langkah pertolongan agar tidak mengalami resiko infeksi yang lebih parah. Karena memang hal ini bisa berakibat fatal. 


Jadi tak perlu ragu dalam melakukan rapid test covid ini, apalagi hasilnya nanti juga dapat Anda gunakan sebagai bukti jika seandainya ingin melakukan perjalanan jarak jauh. Sehingga akan lebih aman untuk diri sendiri dan juga orang-orang terdekat. Sekarang layanan untuk melakukan tes rapid ini sendiri sudah tersedia banyak sekali, termasuk diantaranya ya g dapat dipanggil ke rumah untuk mempermudah Anda tentunya. Bisa langsung pesan secara mudah diantaranya adalah lewat Aido Health, biaya terjangkau dan pastinya juga jaminan terpercaya. 

0 Komentar