Panduan untuk Melakukan Kegiatan Bakti Sosial - Bengkel Sabda - Komunitas Sosial Batam Kepri



Panduan untuk Melakukan Kegiatan Bakti Sosial

  1. Survey ke lokasi rencana kita akan baksos
  2. Pertanyaan survey, biasanya apa yang dibutuhkan, berapa anak anak, dan lain lain
  3. Meeting hasil survey kepada Team atau anggota komunitas
  4. Penentuan tanggal bakti sosial
  5. Pembuatan susunan acara kegiatan bakti sosial
  6. Pembagian tugas, seperti Ketua, Sekretaris, Bendahara, Seksi Konsumsi, Seksi Dana, dll
  7. Seksi Dokumentasi atau Seksi Design membuat cover dari kegiatan baksos
  8. Hasil survey diterbitkan untuk mencari dana, dana bisa dari online maupun offline
  9. Melakukan komunikasi dengan lokasi baksos dan konfirmasi atas kegiatan baksos
  10. Pada pelaksanaan bakti sosial, memberikan bantuan, dan dokumentasi baksos
  11. Membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan bakti sosial
Cerita sedikit tentang perjalanan komunitas Bengkel Sabda ini, jadi dulu saya awal nya tidak terbiasa untuk berbicara dan bergaul dengan orang, alias kuper.


Di Komunitas Bengkel Sabda, Komunitas Sosial Batam, Komunitas Sosial Kepri, ini saya dipaksa dan dibiasakan untuk bisa selalu berkomunikasi, dan berbicara di depan orang banyak. Sehingga mau tidak mau saya berusaha untuk selalu belajar ilmu komunikasi yang baik dan benar.

Sudah banyak efek positif yang tertularkan ke diriku, dari Komunitas Bengkel Sabda ini, berbagi merupakan salah satu hal yang kadang membuat kita menjadi lebih peka pada masalah yang terjadi di masyarakat. 

Seperti ketika ada bayi yang harus dioperasi, walaupun Komunitas Bengkel Sabda mencoba menghimpun dana dan mendapat dana yang tidak seberapa, akan tetapi niat baik yang kami coba informasikan ke masyarakat, dan alhamdulillah, banyak masyarakat yang langsung menuju ke tempat orang tua yang bersangkutan.

Dan masih banyak lagi, beberapa yang pernah kami coba bantu, keikhlasan dalam berbagi, dan niat tulus untuk membantu membuat apa yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin, dan jalan selalu terbuka lebar, bagi yang mempunyai hati yang tulus tuk berbagi.

Taman Bacaan Indonesia, merupakan salah satu niat kami dalam memajukan niat membaca pada anak-anak baik di pulau dan kota, karena membaca itu merupakan jendela dalam membuka informasi dunia. Bahkan dalam perkembangan nya, internet memudahkan kita untuk bisa membaca dan belajar.

Tidak pernah ada batasan dalam manusia untuk mempelajari hal-hal baru, dan semoga selalu bisa berkembang menjadi ilmu dan bisa bermanfaat bagi orang lain. Seperti layak nya ketika saya mencoba sepatu converse, yang terbaru. Sehingga saya bisa memberikan ekspresi tertinggi pada warga yang memperhatikan saya

Saya selalu berusaha untuk bisa membuat Tulisan Bermanfaat sehingga pembaca yang membaca tulisan saya, mendapatkan manfaat yang tak terhingga. Aamiin.















































0 Komentar