Mangrove Keren Pulau Abang Batam

Serunya Menyusuri Mangrove Di Pulau Abang Batam

Aerial Drone by Amazing Kepri

#WisataTanpaSampah #WisataHemat #BanggaPunyaBatam


Satu kata yang ada di benak ketika liburan telah tiba yakni wisata atau jalan-jalan. Siapa sih yang tidak suka dengan jalan-jalan? Setelah penat berhari-hari dengan pekerjaan yang menumpuk melakukan wisata atau liburan adalah tujuan nomor satu banyak orang.



Yah, daripada hanya sekedar gulang-guling di kasur, mengunjungi spot-spot menarik lebih seru dan lebih menantang. Apalagi bagi kamu yang hobi banget traveling. Tapi kira-kira Dimana sih tempat yang asyik untuk dikunjungi? Beberapa pasti akan bingung menentukan tempat untuk dikunjungi saat liburan.


Di Indonesia, banyak sekali tempat-tempat yang asyik dan menakjubkan untuk dikunjungi saat liburan. Spot-spot cantik dan juga keren banyak tersedia di tanah air kita ini. Jadi buat apa jauh-jauh ke luar negeri sementara di negara sendiri sudah banyak sekali tempat-tempat yang sangat indah, bahkan orang luar negeri sendiri pun sampai jauh-jauh loh datang ke Indonesia hanya karena takjub dengan keindahan alam di negara kita ini.


Salah satu kota yang menarik untuk dikunjungi adalah Batam. Walaupun Batam lebih dikenal dengan kota industrinya, namun Batam juga memiliki tempat-tempat wisata yang sangat satunya yakni Pulau Abang.


#WisataTanpaSampah #WisataHemat #BanggaPunyaBatam



Pulau Abang terkenal dengan wisata lautnya yang menakjubkan. Bahkan sport yang paling direkomendasikan banyak orang untuk melakukan snorkeling. Untuk pergi ke Pulau abang paling enak mengambil paket wisata yang sudah disediakan oleh beberapa jasa travel. Dan kita akan diajak  ke beberapa tempat menarik di Pulau Abang.


Sebelumnya kita akan berkumpul dahulu di tempat yang sudah dijanjikan sebelumnya. Kemudian bersama rombongan kita menaiki bis menuju pelabuhan di jembatan 6 Barelang. Di musim hujan seperti ini, perjalanan pun ditemani oleh rintik-rintik hujan. Dari tempat berkumpul menuju pelabuhan kurang lebih memakan waktu sekitar satu jam perjalanan.


#WisataTanpaSampah #WisataHemat #BanggaPunyaBatam



Tibalah kita di pelabuhan jembatan 6 Balerang. Beberapa pancung atau pompong sudah tersedia di sana, sebab kita memang memakai jasa travel sehingga perlengkapan dan fasilitas sudah disiapkan tanpa perlu repot-repot mencari atau menyewa pompong dari warga sekitar.


Dari pelabuhan kita diantar terlebih dahulu ke Pulau Nguan. Sekitar lima belas kita telah sampai di Pulau Nguan untuk singgah dan beristirahat sebentar. Karena untuk berwisata ke Pulau Abang, biasanya tujuan utamanya yaitu snorkeling. Jadi kata pun di rumah singgah bersiap dan berganti pakaian perlengkapan untuk melakukan snorkeling. Kita juga diberi beberapa pesan sebelum berangkat. Terutama jangan sampai buang sampah sembarangan di spot-spot nanti yang akan kita datangi. Agar tempat wisata di negara kita tetap menjadi tempat paling bersih dan alami.


Setelahnya kita makan terlebih dahulu dan barulah kita berangkat menuju Pulau Abang Menggunakan Pompong. Perjalanan dari Pulau Nguan ke Pulau Abang sangatlah menyenangkan. Kita bisa melihat-lihat beberapa pulau yang tak berpenghuni di sekitar. Kita diantar ke beberapa Pulau Terlebih dahulu sebelum ke Pulau Abang. Lalu kita mulailah melakukan snorkeling Pulau Abang. Nah, rupa-rupanya di Pulau Abang tak hanya wisata pantai atau lautnya yang dapat dikunjungi. Wisata alam mangrove juga menjadi salah satu spot tujuan kami. Wisata mangrove ini terletak di sebelah utara Pulau Abang. Dengan menaiki pompong kita pun mengelilingi kawasan yang terdapat banyak sekali mangrove.


Banyak sekali ekosistem mangrove di Pulau Abang ini. Saat menyusuri hutan bakau di sini, rasa-rasanya seperti bermain film Hollywood yang sedang tersesat di tengah sungai yang kanan-kirinya di kelilingi oleh mangrove.


Wisata mangrove di sini sangat unik dan cukup seru. Dengan perairan di pulau yang jernih maka kita pun bisa melihat tumbuhan mangrove ini di dalam air. Tempatnya cukup sepi dan masih sangat alami, sehingga kita benar-benar merasakan hutan mangrove yang sesungguhnya. Sepertinya memang masih belum terjamah sama sekali alias masih perawan. Baru tiba di kawasan mangrove ini, waw sudah membuat kita sangat kagum dengan beragamnya mangrove yang rimbun serta berjajar mengeliingi perairan Pulau Abang.


Jenis-jenis mangrove di sini juga sangat beragam. Dan ada beberapa yang memang paling dominan, misalnya jenis mangrove Rhizopora, seperti mucronata, stylosa dan juga apiculata. Karena memang di perairan seperti ini yang paling banyak adalah jenis mangrove rhizopora.

Aerial Drone by Amazing Kepri

Tak hanya itu saja yang membuat kita betah mengelilingi kawasan hutan bakau ini. Karena dengan banyaknya jenis mangrove yang berjajar dan amat cantik ini, seperti mangrove api-api, Nyirih, Lenggadai, Dudukan merah, Tinggi, Pidada, Gadelam, dan Buta-buta.


Mungkin memang untuk wisata mangrove sendiri masih belum seberapa diketahui banyak wisatawan. Baik itu lokal maupun luar negeri. Padahal tempatnya sangat unik dan menarik dan tak kalah dengan tempat-tempat wisata mangrove lainnya. Bahkan jenis mangrovenya yang beragan dengan menyusuri menggunakan pompong membuat perjalanan wisata mangrove terasa sangat alami dan benar-benar menyatu dengan alam.


Untuk menyusuri kawasan mangrove Pulau Abang memang tidak begitu lama, namun sebelum itu kita mendokumentasikan dahulu perjalanan ini dan memperkenalkannya kepada yang lain. Sebenarnya masih ingin berlama-lama juga menyusuri hutan mangrove ini. Hanya saja waktu memang sudah mengharuskan rombongan untuk kembali.


Dan akhirnya kita mengucapkan salam perpisahan untuk hutan mangrove yang sangat menakjubkan ini. Dan berharap wisata mangrove di sekitar Pulau Abang bisa dikelola menjadi lebih baik dan lebih maju lagi, agar banyak para wisatawan yang bisa menikmati indahnya dan alaminya hutan mangrove di Pulau Abang ini.


Setelahnya kita kembali ke Pulau Nguan untuk berganti pakaian, bersantai dan juga bermalam. Sebab hari sudah mulai gelap jadi perjalanan pulang akan dilakukan esok hari. Setelah puas melakukan perjalanan kita beristirahat dan menikmati suasana malam di Pulau Nguan.


Nah, jika kalian juga ingin berwisata ke Pulau Abang, tetap ikuti peraturan yang diberikan oleh para guide ya. Jangan lupa juga untuk tetap membawa bekal atau peralatan yang dibutuhkan agar tidak kelimpungan nanti saat melakukan perjalanan wisata.


Namun jangan khawatir untuk perlengkapan wisata beberapa sudah disediakan oleh penyedia jasa travel.jadi kita tinggal mendokumentasikan perjalanan kita yang sangat seru dan unik. Kini pengalaman seru sudah kami dapati, apalagi perjalanan menyusuri hutan mangrove yang sangat menakjubkan yang mungkin jarang sekali dikunjungi banyak orang. Menjadi salah satu pengunjung hutan mangrove di Pulau abang sudah membuat diri ini menjadi wisatawan terkeren.


Esoknya kita mulai meninggalkan Pulau Nguan menuju ke pelabuhan di jembatan 6 Balerang. Tidak lupa membeli oleh-oleh khas dari kota Batam juga, untuk sanak saudara di rumah. Dan juga mengajak saudara atau keluarga kembali berwisata ke Pulau Abang.


Dengan adanya jasa travel, sudah sangat memudahkan kita untuk mengunjungi spot-spot wisata di kepulauan Riau, khususnya kota Batam. Kalian bisa juga loh, booking salah satu jasa travel seperti Modelux untuk bisa ke Pulau Abang dengan murah. Maka perjalanan kalian pun akan terasa nyaman dan menyenangkan.


Contact Person:
Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan menghubungi kontak person sebagai berikut:
SMS / Call / Whatsapp:
  • Admin 1: 08127066657
  • Admin 2: 081378306090
  • Admin 3: 089623084000
  • Admin 4: 081210999347
Aerial photo by: Amazing Kepri





0 Komentar