Kenduri Seni Melayu Menyambut HUT Batam ke-188 pada 18 Desember 2017

Kenduri Seni Melayu Menyambut HUT Batam ke-188 pada 18 Desember 2017
Kenduri Seni Melayu Menyambut HUT Batam ke-188 pada 18 Desember 2017

Kenduri Seni Melayu Menyambut HUT Batam ke-188 

pada 18 Desember 2017


Kenduri Seni Melayu dengan persembahan seni budaya dalam menyambut hari ulang tahun Batam ke-188 dengan melibatkan 5 negara tetangga.

Seperti Negara Brunei Darussalam, Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapura, dan tentunya Batam sebagai tuan rumah dalam kegiatan Kenduri Seni Melayu tahun 2017.

Seni budaya seperti tarian, musik dan kesenian akan ditampilkan dari negara masing-masing.

Harapan terbesar dari Dinas Pariwisata Kota Batam Kenduri Seni Melayu ini dapat menarik baik wisatawan lokal dan juga wisatawan internasional agar dapat berkunjung ke Batam.

30 acara diselenggarakan bersama dengan Kenduri Seni Melayu yang digelar di area terbuka agar dapat merakyat dan menghibur. 

Acara seperti event Wonder Food dan juga Pesta Wirausaha yang diadakan oleh Komunitas Tangan di Atas.


BP Batam dan juga Pemko Batam akan berkolaborasi dalam perayaan HUT Batam ke-188 di Kenduri Seni Melayu

Acara yang dibuat oleh BP Batam seperti Barelang Marathon International di Barelang pada tanggal 10 Desember 2017 dan Batam South East Asia Fashion Culture di Dataran Engku Putri tanggal 17 Desember 2017.

Kenduri Akhir Tahun di Dataran Engku Putri Batam Centre pada tanggal 31 Desember sebagai penutup acara rangkaian kegiatan Hari Jadi Batam.

Persiapan Event Kenduri Seni Melayu disiapkan serius dengan ratusan umbul-umbul dan banner yang akan terpasang di sepanjang jalan raya Kota Batam.

Baliho besar juga akan ikut mendukung dari persiapan Event Kenduri Seni Melayu dan juga sambutan untuk lima negara yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Persiapan untuk Event Kenduri Seni Melayu ini harus sandar ASEAN, dikarenakan target jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kota Batam.

Event Kenduri Seni Melayu ditujukan sebagai salah satu upaya dalam pelestarian seni dan budaya Melayu dari Provisinsi Kepulauan Kepri.

Dalam pemeliharaan nilai-nilai budaya dan menjaga nilai etika, moral dan adab, sebagai inti dari adat istiadat kebiasaan masyarakat tempatan. 

Diharapkan dapat menjadi aktualisasi pada kehidupan dan juga kehidupan seluruh masyarakat. Sehingga budaya kita selalu dapat terjaga.

Point penting dari Kota Batam adalah lokasi yang strategis, dan juga berdekatan dengan negara tetangga seperti Thailand Selatan, Singapura dan Malaysia. Dekat baik geografis atau jarak dan juga kultural, budaya melayu.

Kesuksesan dari event sampai prosentase 50 persen, adalah pendukung baik dari daerah dan juga alokasi anggaran, dalam tujuan membangun destinasi dan juga infrastruktur dasar pariwisata.

Dalam event Kenduri Seni Melayu juga akan ada penampilan penyair-penyair ternama Batam seperti, Nyat Kadir, Amsakar Ahmad, Samson Rambah Pasir, Ramon Damora, Tarmizi Rumahitam dan Sudirman El-Batamy.

Kenduri adalah mekanisme sosial yang digunakan untuk merawat dan menjaga kebersamaan sehingga cita-cita yang telah dibuat untuk diteguhkan kembali.

Kenduri juga adalah alat kontrol sosial untuk menjaga gerak dan arah dari cita-cita yang telah diperjuangkan secara bersama.

Di Batam, kenduri dijadikan sebagai tradisi tahunan, sebagai bentuk menjaga dan melestarikan kesenian khas Melayu khas Batam. Biasa digelar pada moment HUT Kota Batam.

0 Komentar