Selamat Tinggal Solectron!

Senin kemarin adalah hari terakhir saya bergabung dengan Solectron. Tidak terasa telah sembilan (9) tahun dan lima (5) bulan saya menjadi karyawan perusahaan ini.

Tak bisa dipungkiri bahwa perusahaan ini terus tumbuh semakin besar, seiring korporasi yang mengakuisisinya: Natsteel -> Solectron -> Flextronics.

Sebenarnya sangat besar peluangnya perusahaan untuk makin besar. Namun, menurut saya pribadi, semakin besar korporasinya semakin rentan posisi kita sebagai karyawan. Korporasi biasanya hanya menuntut revenue. Perusahaan lokal harus pontang-panting untuk mendapatkan target revenue. Dampaknya, seringkali kesejahteraan karyawan dibelakangkan. Korporasi bisa dengan mudah menutup perusahaan lokal.

Dalam UU ketenagakerjaan tahun 2003, dlm proses akuisisi ini karyawan diberi hak untuk tidak bergabung denganperusahaan baru. Saya mengambil keputusan untuk tidak bergabung.

Selain alasan di atas, alasan loncatan hidup adalah salah satunya.

Akhirnya, saya menyampaikan terima kasih kepada saudaraku Budi Agus Santoso yg mengajakku bergabung dg Natsteel (sudah lama tidak di Natsteel). Juga kepada P' Irwan, P' Alpian (juga sudah lama tidak di Natsteel), P' Jumali yang mau menerima saya apa adanya dalam tim Test Engineering sebagai tenaga teknisi.
Terima kasih kepada semua teman yang telah mendukung karir saya selama ini!
Terima kasih buat istriku tercinta atas dukungan keputusan ini!


Powered by ScribeFire.

16 Komentar

  1. Nang ndi saiki Cak?
    Jek nang pabrik maneh opo wis dadi entrepreneur?
    Nang Batam opo balik Jowo?

    Salam,


    Ones

    BalasHapus
  2. Salam hangat buat sahabat GELORA Batam.
    Dengan ini saya mohon kepada rekan-rekan GELORA untuk menyelenggarakan pengenalan/instalasi open source di STMIK/UNIVERSITAS PUTERA BATAM, yang mungkin penyelenggaraannya akan kami konfirmasikan lebih lanjut.

    Kepada: ki Lurah GELORA Bpk. Sam, Pak Asnan, Pak Ata, Pak Yadi, Pak Rudi, Pak Donal dan kawan-kawan yang lain, yang tidak bisa kami sebutkan satu-persatu, mohon secepatnya memberikan konfirmasi setelah comment ini samapai.

    Atas kerjasamanya saya mengucapkan terima kasih.

    Wasalam,

    Samsu Hadi Winomo

    BalasHapus
  3. @samsu

    Makasih undanganya. Kami jawab secepatnya :)

    BalasHapus
  4. btw Budi dimana skarang kang ?

    eshabe: di Sidoarjo, K-Link.
    btw, bgmana kabar mu?

    BalasHapus
  5. alhamduliiah baik2x aja

    BalasHapus
  6. piye' kabare pak sihab, aku belum sempat ngucapin terimakasih pada p' sihab atas segala bantuanya. ternyata belajar program ada gunanya

    BalasHapus
  7. plant berapa dulu cak? aku dulu di plant 2 eumitcim project

    BalasHapus
  8. umitcom... sama pak crist...

    saya di apple project sampe bubar :)
    jadi lama di lot 281.

    BalasHapus
  9. Mas Sihab, boleh main ke rumah,? Jam berapa bisa diganggu.?

    eshabe:
    Boleh, hari minggu pagi sampe malam :)

    BalasHapus
  10. HEMMM...Solectron,
    bagaimanapun juga dirimu jadi saksi atas pekerjaanku, ibadahku, sewaktu aku masih disana 4 tahun lalu. kini tinggal kenangan dan telah merubah jadi Flextronic walau tak pernah mengalami perubahan itu. namun kenanganlah yang membuat ku rindu akan kawan2 yang pernah di sana,
    keep Spirit Kang SIhab...
    Semoga Sukses selalu dimanapun dan kapan saja.....

    //W4n

    BalasHapus
  11. hallo mantan para mantan solectron. . .8thn dah aq tggalkan k_mu,bersamamu ada sejuta kenagan maniz&pait yg mgkn xbs aq lpkan..lam wat para mantan solectron yg msh ingat aq..bt pak deris&pak untung msh bertahan kat stu kah???

    BalasHapus
  12. masih tuh... yanti yg mana ni?

    BalasHapus
  13. rubiyanti,dl solectron yg di smpg dam,bag MI HANLOAD..tp dl aq resign MI dah dbubarkan..ni eshabe mn ya??skrg cam mn kbr batam??

    BalasHapus
  14. @rubiyanti. saya di apple/281. habis itu lanjut juga di 515. batam makin rame :)
    eshabe? nih: http://eshabe.wordpress.com/tentang/

    BalasHapus
  15. so skrg msh kat solectronlh??ape dah pindah kilang??klu msh kat solectron krm slm wat p'untung ngan p'deris lam jg wat kwn2 lm yg msh kat sna...tuk MI HANDLOAD.krm kat almt faceebook aq(paijo_yanti@yahoo.com).

    BalasHapus