Update ke Karmic ga ya?

Hal yg paling saya "benci" dari Ubuntu adalah kecepatannya dalam rilis versi baru.

Memang, bukan suatu keharusan untuk update karena dukungan teknis untuk Jaunty masih setahun lagi. Tapi mana tahan untuk tidak mencicipi rasa baru Ubuntu?

Dari catatan versi beta-nya keknya Karmic akan booting lebih cepat dari Jaunty, lah klo lebih lambat adalah masalah besar kan Lucyd ditargetkan booting dalam 10 detik.

Aplikasi yg nampak berubah adalah GNOME versi baru yang mana Ubuntu menjadikan Empathy (IM-nya GNOME) sebagai pengganti Pidgin. Yang lainnya adalah digantinya "Add/Remove..." dengan Software Center. Keknya pantas dicoba tuh!



Karmic akan menggunakan GRUB 2 dan ext 4 sebagai default. Nah, klo ingin mencicipi yang ini keknya harus fresh install bukan distro update. Duh! Kebayang harus backup-2...

10 Komentar

  1. normalnya sih upgrade aja. GRUB2 / ext4 udah relatif stabil koq. blm ada bug kategori "kejam" ditemukan. "just do it(tm)", tp backup emang bijaksana.

    BalasHapus
  2. Kalo saya, laptop wajib diupdate setiap ada versi baru.
    Kalo komputer dirumah, install LTS version only :)

    BalasHapus
  3. @rustam: klo upgrade (distro update) bisa langsung ke GRUB2 dan ext4 kah?

    @axel: adanya yg di rumah je...

    BalasHapus
  4. ext3 ke ext4 bisa kok tanpa fresh install.
    begitu juga dengan grub2, ada step by step installnya tanpa fresh install :)

    BalasHapus
  5. saat ini saya menggunakan Jaunty, memang sih saya selalu nafsu untuk mencicipi versi terbaru,tapi malesnya adalah untuk install dan konstumisasi sesuai kebutuhan yang akan memakan waktu lama, mana internet kadang lemot buat set up dan update update, juga biasanya ada beberapa aplikasi dan plugin yang belum sepenuhnya bisa jalan pada release yang lebih baru ...

    kalau ada yang bersukarela menginstall dan mengkostumisasi untuk saya, ya saya akan senang sekali hehehe

    BalasHapus
  6. ketinggalan kreta gara2 nungguin telpon cinta dari cikeas :-), kagak nyambung , emang udah mau reales baru yah si ubuntu

    BalasHapus
  7. @aldi: makasih infonya.

    @jarwadi: jah! senasib... tapi tanggung sendiri2 :D

    @dede: 29 Okt... lihat di countdown samping, boz

    BalasHapus
  8. Ini hasil intipan saya dari Karmic versi Alpha: http://animaster-talks.net/2009/09/25/apa-yang-baru-pada-ubuntu-9-10-karmic-koala/
    Di sana ada screenshot Ubuntu Software Store versi awal. ^^

    BalasHapus
  9. Mas, boleh tanya? Kalo kita install fresh tapi partisi /home kita ga kita format bisa ga ya? apakah nanti ubuntu yang baru akan membuat folder /home lagi?
    Terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  10. bisa, pilih manual patition. trus partisinya (mis /dev/sdb5) di-mount ke /home ingat jgn centang pd kolom Format. dg cara tsb /home tidak dibuat lagi. (tapi apa termasuk "fresh install" ga ya?)

    BalasHapus