Berbagai Jenis Hardware Komputer dan Fungsinya

Berbagai Jenis Hardware Komputer dan Fungsinya



Hardware Komputer

Hardware komputer memang menjadi pondasi pokok yang dapat membuat kesatuan fungsi. Sehingga cpu dan komputer dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Sedikit informasi untuk Anda bahwa hardware yang dapat berfungsi dengan baik dan berbagai komponen didalamnya. Tentu saja akan membantu dalam memberikan kemudahan untuk mendapatkan fungsi yang terbaik. 


Untuk mengetahui mengenai berbagai fungsi yang ada didalamnya ada baiknya mulailah menggunakan beberapa informasi yang ada didalamnya. Hal ini diharapkan akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan Anda dan mendapatkan informasi dengan jelas.

Berbagai informasi tersebut antara lain :

1. Motherboard


Perangkat yang satu ini bisa dikatakan sebagai papan induk yang memiliki fungsi untuk menghubungkan satu perangkat dengan jenis lainnya. Usahakan apabila Anda ingin membelinya pastikan untuk menyesuaikan dengan jenis perangkat lainnya. Saat ini di Indonesia sudah banyak sekali jenis motherboard yang dapat dipilih. Namun akan lebih baik mengenali spesifikasinya. Sehingga Anda akan dengan mudah memutuskan jenis yang mana akan dibeli.

2. Processor


Otak dari sebuah perangkat komputer penting dalam sebuah komponen cpu. Hal ini karena pada setiap proses yang dilakukannya mengenai keluar dan masuknya melalui processor tersebut. Sehingga tak jarang jenis alat ini memang akan lebih mudah terasa panas. Sehingga akan lebih baik lindungi jenis alat ini menggunakan kipas angin khusus yang dapat dibeli di perangkat elektronik. Untuk itu hendaknya Anda memilih jenis hasil yang sesuai dengan keinginan Anda.

3. Harddisk

Hardware komputer yang satu ini bisa dikatakan sebagai perangkat keras yang dapat menyimpan data yang dimiliki tersebut. Sehingga dengan demikian bisa dikatakan bahwa file berupa dokumen, foto dan berkas masih banyak lainnya. Namun dalam jenis komponen komputer ini memang ada dua jenis yaitu internal dan eksternal. Untuk itu ada baiknya apabila Anda ingin merakit komputer sendiri pastikan mengenali dua jenis harddisk yang diinginkan.

4. RAM


Ram digunakan sebagai memori penyimpanan untuk data yang ada di komputer Anda. Anda bisa menyimpannya karena saat komputer dimatikan tidak masalah. Hal ini bisa dikatakan bahwa komputer tetap dapat bisa berjalan sebagaimana mestinya. Akan tetapi apabila komputer direstart sebaiknya memang dipindahkan ke dalam flashdisk. Apabila Anda tidak melakukan hal ini maka data yang penting di dalam komputer tersebut hanya akan hilang. Untuk itu ada baiknya Anda mengetahui mengenai informasi ini.

5. Power supply


Perangkat keras yang satu ini akan langsung berhubungan dengan aliran listrik. Sehingga fungsi yang dimilikinya adalah untuk mengubah tegangan AC menjadi DC. Untuk itu apabila Anda ingin menggunakan jenis power supply ini hendaknya senantiasa untuk mengeceknya. Apabila hal ini dilakukan akan membantu untuk menghindari kemungkinan terjadinya kerugian yang ada. Dengan demikian akan menghindari terjadinya konsleting listrik dalam jangka panjang. Pastikan untuk mengecek mengenai perangkat keras pada komputer agar hasilnya sesuai dengan keinginan Anda.

6. Keyboard dan mouse


Keyboard ini digunakan untuk dapat mengetik saat pekerjaan harus diselesaikan. Sedangkan mouse untuk mengarahkan kursor yang ada di layar monitor. Sehingga bisa dikatakan bahwa kedua komponen tersebut sangat penting. Sehingga untuk menyelesaikan tugas yang ada menjadi lebih mudah dilakukan. Untuk itu pastikan bahwa Anda memilih jenis keyboard dan mouse dengan jenis yang nyaman. Misalnya saja tombol yang empuk agar hasilnya hardware komputer tersebut menjadi lebih optimal..



0 Komentar