Manfaat Unsalted Butter untuk Makanan Pendamping ASI


Manfaat Unsalted Butter untuk Makanan Pendamping ASI

Manfaat Unsalted Butter untuk Makanan Pendamping ASI



Mentega sudah dikenal luas sebagai bahan pembuat kue. Namun kini ada manfaat lain yang bisa diberikan oleh mentega khususnya mentega tawar atau unsalted butter yaitu sebagai salah satu bahan yang direkomendasikan untuk makanan pendamping ASI pada bayi. seperti namanya, mentega tawar ini tidak ditambahkan garam sehingga lebih sehat dan aman untuk si kecil. Seperti diketahui bahwa kandungan garam berlebihan pada makanan memberikan efek kesehatan yang buruk seperti resiko tekanan darah tinggi. Selain itu ternyata mentega tawar juga memiliki kandungan nutrisi baik yang dibutuhkan oleh bayi.

Mentega atau butter sendiri dibuat dari lemak hewani yaitu lemak susu sapi. Karena terbuat dari lemak, mentega kaya akan lemak susu dan protein yang baik untuk pertumbuhan bayi. Selain lemak dan protein mentega mengandung kolesterol baik yang membantu menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan kandungan karbohidratnya, mentega juga bisa menjadi sumber energi yang sesuai untuk kebutuhan si kecil.

Selain kandungan tersebut di atas, berikut ini adalah beberapa kandungan lain yang dimiliki oleh unsalted butter dan fungsinya untuk pertumbuhan si kecil:

  • Vitamin A 2,5 gram per 100 gram, berguna untuk pertumbuhan indra penglihatan si kecil.
  • Kalsium 45 mg per 100 gram untuk memperkuat tulang dan gigi.
  • Vitamin D 60 IU untuk memudahkan penyerapan kalsium oleh tulang dan menjaga kekuatan tulang.
  • Vitamin B12 0,2 mikro gram, untuk membantu kelancaran metabolisme tubuh.

Untuk membuat MPASI dengan mentega tawar, Anda cukup melelehkan satu balok kecil mentega tawar ke dalam adonan lembut bubur nasi merah, ubi ungu, wortel lembut atau bahan makanan sehat lainnya.

Anda memiliki bayi usia 6 bulan ke atas? Selalu sediakan unsalted butter untuk membantu menyediakan makanan sehat dan bergizi bagi si kecil. Sebelum membeli, cek dulu harga mentega tawar tanpa perlu keluar rumah sehingga tetap bisa menjaga si kecil, berbelanjalah di Tokowahab toko online khusus bahan kue yang memiliki berbagai merk mentega tawar dalam berbagai pilihan kemasan.

1 Komentar

  1. aku baru tau butter ini berkhasiat banyak ya, terimakasih ilmunya :D

    BalasHapus