Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter

Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter

 

Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter

Saat berkendara di jalan, berbagai kemungkinan masalah bisa terjadi pada mobil yang dikendarai. Salah satu yang sering dialami oleh para pengguna mobil yakni adalah mobil tidak bisa distarter. Padahal lampu mobil nyala dan klakson pun berbunyi, namun tetap tidak dapat distarter.

Dalam kondisi ini, biasanya ketika starter ditekan akan keluar bunyi semacam “tek-tek”. Bagi yang tidak tahu masalah mesin mobil, mungkin akan merasa panik. Namun tidak perlu khawatir, simak informasi berikut ini jika sewaktu-waktu Anda mengalaminya.

Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter

Masalah ini mungkin saja berasal dari sambungan kabel yang kendo ataupun aki mobil yang bermasalah. Agar tidak bingung, mari kita bahas cara untuk mengatasi mobil yang tidak dapat dihidupkan dengan cara starter berikut ini.

1. Memeriksa komponen fuel pump

Penyebab umum mobil tidak dapat distarter, yakni karena komponen fuel pump mengalami masalah. Fuel pump sendiri merupakan komponen yang berfungsi untuk mengatur aliran bahan bakar. Ketika ada gangguan, maka dinamo tidak bisa bekerja dengan semestinya.

Untuk mengecek apakah ada masalah atau tidak pada komponen ini, adalah dengan mengecek MID (multi information display) yang ada pada bagian dashboard mobil. Jika ternyata memang ada masalah, sebaiknya bawa bengkel dengan segera.

2. Membersihkan atau ganti busi mobil

Komponen yang kemungkinan membuat mobil tidak dapat distarter berikutnya adalah busi. Busi menjadi komponen utama untuk bisa menghidupkan mesin mobil, karena fungsinya adalah membuat percikan api untuk bahan bakar yang mengalir.

Seiring dengan penggunaannya, busi ini biasanya akan menjadi kotor dan berkarat. Jadi tindakan pertama yang bisa dilakukan adalah membersihkan busi dengan menggosok bagian besi ujungnya. Jika tetap tidak mengeluarkan percikan api, coba ganti dengan busi yang baru.

3. Memeriksa kondisi aki mobil

Aki mobil mempunyai peranan yang sangat penting dalam sistem kelistrikan. Jadi jika aki mengalami kendala atau masalah, maka akan membuat mobil tidak dapat distarter. Oleh karena itu, cobalah periksa bagian aki mobil, mulai dari kabel, air aki, dan bagian-bagian lainnya.

Oh iya, pastikan bagian kutub utara dan kutub selatan aki tidak terdapat kotoran dan karat. Jika ada, coba bersihkan dulu dengan cara digosok. Jika masih tidak bisa, cobalah cek kondisi aki tersebut apakah masih bisa digunakan atau memang sudah harus diganti.

4. Periksa suhu koil secara rutin

Suhu koil yang terlalu tinggi bisa menyebabkan mobil tidak dapat distarter. Maka dari itu, cobalah cek komponen yang satu ini. Coba tunggu sampai dingin sebelum mobil distarter kembali. Bila masih tidak bisa, maka tidak ada cara lain selain mengganti dengan koil baru.

Itu adalah beberapa tindakan pertama yang bisa dilakukan saat mobil tidak dapat distarter. Jika Anda sudah mencoba semua cara diatas namun tidak juga berhasil, disarankan untuk memanggil teknisi yang memang sudah ahli di bidangnya

0 Komentar