Solusi Mudah Atasi Perut Kram

Solusi Mudah Atasi Perut Kram

Solusi Mudah Atasi Perut Kram 

Solusi Mudah Atasi Perut Kram


Perut kram itu mengganggu. Perut kram ini tidak hanya bisa menyerang wanita saat menstruasi, tetapi juga pria saat konstipasi atau cidera otot perut. Kram juga bisa menjadi indikasi adanya penyakit-penyakit tertentu, seperti crohn’s disease, irritable bowel syndrom (IBS), Inflammatory bowel disease, usus buntu, ulcerative colitis, dan lain-lain.

Sebelum mencari obat untuk menyembuhkannya, anda harus mengetahui penyebab perut kram terlebih dahulu. Misalnya, anda konstipasi, maka anda harus meminum obat konstipasi, banyak minum air putih, dan makan banyak serat. Bila anda cidera otot perut, segeralah berbaring. 

Untuk kasus usus buntu, tentu saja anda harus segera ke rumah sakit. Bagaimana dengan kram yang disebabkan oleh IBS dan ulcerative colitis atau kram perut lain yang pengobatannya tidak cukup dengan obat medis? 

Adas

Anda tahu adas? Ini golongan herbal yang biasa digunakan mbok tukang jamu. Adas berfungsi merangsang pencernaan, mengurangi gas dan perut kembung, juga sekaligus menyembuhkan perut kram. Bagaimana cara meminumnya? Anda bisa menyeduhnya dengan air panas, atau ambil sepotong kecil adas dan langsung mengunyahnya. 

Jahe

Jika tidak suka adas, anda bisa minum wedang jahe. Rasanya segar, nikmat, dan hangat di badan. Jahe adalah obat alami untuk sakit perut, termasuk kram, dan mual-mual. Jahe mengandung senyawa yang bisa memerangi inflamasi, mengurangi asam lambung, dan merangsang pencernaan. 

Tajin

Tajin sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Air tajin mengandung senyawa yang bisa berfungsi melapisi dinding perut dan berkhasiat mengurangi rasa sakit pada penderita maag akut. Tambahkan madu dan sedikit perasan jeruk lemon agar rasanya lebih nikmat. 

Pijat

Bila anda mengalami kram perut, silakan panggil tukang pijat atau urut. Apakah bagian perut yang dipijat? Tidak. Anda sebaiknya menghindari bagian perut. Minta saja dipijat seluruh badan. Pijat bagus untuk otot-otot seluruh tubuh anda sekaligus membuatnya rileks. Posisi tengkurap saat dipijat juga bagus untuk proses pembuangan gas-gas di perut yang jika tidak dikeluarkan bisa memperparah kram perut. Bisa jadi, gas-gas di dalam perut yang tidak keluar inilah yang menjadi penyebab perut kram.

0 Komentar