POPOK BAYI UNTUK KULIT SENSITIF YANG PALING BANYAK DIGUNAKAN - Arreza

Saturday, 19 June 2021

POPOK BAYI UNTUK KULIT SENSITIF YANG PALING BANYAK DIGUNAKAN

POPOK BAYI UNTUK KULIT SENSITIF YANG PALING BANYAK DIGUNAKAN

Popok Bayi untuk kulit sensitif

Popok bayi yang beredar di pasaran kini menawarkan beragam inovasi, mulai dari kualitas bahan dan kemampuan daya serap yang semakin baik untuk memberi rasa nyaman pada kulit sensitif bayi. Kamu pun harus lebih cermat dalam menentukan popok bayi agar kulit sensitifnya terlindungi, terutama dalam memilih untuk menggunakan harga popok bayi, karena yang mahal belum tentu bagus dan murah belum tentu buruk. Apalagi setiap bayi punya kondisi yang berbeda dan kamu harus menyesuaikan popok bayi untuk si kecil. Untuk itu mari simak hal yang wajib kamu ketahui sebelum memilih popok bayi 

Bahan lapisan luar popok bayi

Lapisan luar biasanya dilapisi dengan plastik yang terbuat dari film polietilena atau bioplastik. Sementara itu, bagian dalam popok yang bersentuhan dengan kulit terbuat dari polipropilena. Kedua bahan tersebut dianggap aman untuk kulit bayi seperti yang digunakan pada popok Merries.

Bahan penyerap pada popok bayi

Bagian tengah popok mengandung olahan ampas kayu yang diberi pemutih dan penyerap polimer. Bahan-bahan tersebut memiliki daya serap tinggi.

Akan tetapi, beberapa popok bayi ada yang mengandung senyawa kimia dioksin atau klorin untuk memutihkan ampas kayu. Bahan kimia tersebut sempat menjadi perhatian karena dikhawatirkan dapat menyebabkan kanker.

Meski demikian, kadar senyawa dioksin yang terdapat pada popok bayi umumnya sangat rendah, sehingga dianggap aman untuk bayi.

Bagian popok yang memiliki daya serap tinggi juga biasanya mengandung bahan polimer, yaitu natrium poliakrilat. Walaupun tidak beracun dan tidak menyebabkan iritasi kulit, bahan ini bisa mengganggu pernapasan bila terhirup.

Selain itu, bahan penyerap pada popok bayi sekali pakai juga ada yang mengandung phthalate. Bunda sebaiknya tidak memilih produk popok bayi sekali pakai yang mengandung zat kimia tersebut karena berisiko menimbulkan gangguan pada kesehatan Si Kecil.

Pewarna

Zat pewarna yang digunakan pada popok sekali pakai biasanya terdapat di bagian luar yang ditandai dengan gambar karakter atau kartun. Zat pewarna juga bisa ditemukan pada bagian belakang popok bayi yang elastis.

Parfum

Popok sekali pakai ada yang mengandung bahan pewangi atau parfum. Reaksi alergi terhadap bahan pewangi jarang terjadi, namun mungkin saja dialami oleh beberapa bayi yang kulitnya sensitif terhadap parfum. 

Jangan salah pilih popok bayi

Dalam memilih popok bayi juga tidaklah mudah Bunda, karena jika kita salah memilih dapat membuat kulit bayi menjadi iritasi. Menurut penelitian dokter, pada umumnya kulit bayi yang berada dibagian kelamin menjadi mudah sensitif, karena terbiasa menggunakan popok. Untuk itu tidak bisa menggunakan sembarangan popok bayi. Dari penelitian para ahli, popok merries menjadi salah satu popok untuk kulit sensitif yang paling banyak digunakan.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda